5 Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Hp Oppo

Banyak pengguna hp Oppo yang mengalami masalah saat mengakses jaringan WiFi. Biasanya akan muncul peringatan bahwa WiFi menolak akses sehingga pengguna hp Oppo tidak bisa mengakses internet. Lalu bagaimanakah cara mengatasi WiFi menolak akses di hp Oppo?

Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Namun pastikan anda terlebih dahulu mengetahui penyebabnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut. Bisa saja disebabkan oleh masalah pada hp atau pada router.

Bagi yang mengandalkan WiFi untuk mengakses internet maka harus segera mengatasi permasalahan ini. Jika tidak segera diatasi maka otomatis tidak bisa mengakses internet untuk browsing, streaming, download, ataupun kebutuhan lainnya.

Semua tipe hp Oppo bisa mengalaminya, baik yang mahal maupun yang murah. Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya. Kami akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masaah WiFi menolak akses di hp Oppo berikut ini.

Tutorial Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Hp Oppo

Cara Mengatasi WiFi Menolak Akses di Hp Oppo

1. Restart Smartphone

Solusi yang pertama adalah dengan merestart smartphone. Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah WiFi bermasalah pada hp Oppo. Setelah restart selesai maka tinggal mengecek apakah WiFi sudah normal atau tidak.

Jika masih menolak akses maka berarti disebabkan oleh masalah pada router atau pengaturan smartphone. Koneksi WiFi memang tergantung router sehingga bisa saja disebabkan oleh router yang terganggu.

2. Restart Router

Jika disebabkan oleh router maka anda bisa mencoba terlebih dahulu mematikan router, lalu hidupkan kembali setelah beberapa menit. Jangan lupa untuk mengecek lampu indikator yang tersedia pada router, apakah normal atau tidak.

Jika terjadi masalah pada router biasanya lampu indikator menampilkan warna merah. Ada banyak faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut, seperti kabel putus, gangguan jaringan, dan berbagai masalah lainnya.

Kami sarankan untuk menghubungi pihak provider apabila terjadi masalah pada router. Bagi pengguna Indihome bisa menghubungi 147 atau melalui aplikasi MyIndihome.

3. Cek Jumlah Pengguna WiFi

Beberapa provider membatasi jumlah pengguna pada satu jaringan. Jika telah melebihi jumlah pengguna maka bisa mengakibatkan WiFi menolak akses di hp Oppo. Solusinya adalah dengan mematikan WiFi salah satu perangkat atau mengatur IP Status untuk setiap perangkat yang terhubung dengan router, lalu coba kembali mengakses WiFi.

Nah untuk memastikan jumlah pengguna WiFi yang terhubung, silahkan simak tutorial sebelumnya mengenai “Cara Mengetahui Pengguna WiFi

4. Reset Pengaturan WiFi

Jika tidak ada masalah pada router maka berarti permasalahan terletak pada pengaturan WiFi smartphone. Solusinya adalah dengan mereset pengaturan WiFi. Caranya sangat mudah. Anda bisa mengikuti setiap langkah berikut ini.

  1. Buka Settings atau Pengaturan
  2. Kemudian pilih App Management
  3. Selanjutnya pilih All
  4. Berikutnya buka menu WiFi Settings
  5. Setelah itu tinggal Clear dan dan Cache
  6. Jika sudah maka tinggal mengakses WiFi

Untuk beberapa tipe hp Oppo mungkin memiliki menu pengaturan berbeda. Pada intinya anda hanya perlu mencari menu WiFi Settings, kemudian tinggal Clear Data dan Clear Cache. Kemudian tinggal kembali mengakses WiFi, apakah sudah normal atau tidak.

5. Factory Reset

Cara Reset Settings Oppo

Solusi terakhir adalah dengan melakukan Hard Reset atau Factory Reset. Tujuannya adalah untuk mengembalikan pengaturan hp Oppo ke pengaturan bawaan pabrik. Namun cara ini akan menghapus semua file yang tersimpan dan terinstal di hp Oppo. Jadi lebih baik membackup-nya terlebih dahulu.

Setelah semua data terbackup maka tinggal melakukan Factory Reset. Caranya sangat mudah, anda bisa menyimak tutorialnya pada artikel berikut “Cara Reset Hp Oppo Ke Pengaturan Pabrik“.

Kesimpulan

Silahkan anda mencoba tips di atas agar bisa mengatasi masalah WiFi menolak akses di semua tipe hp Oppo. Setelah sukses mengatasi permasalahan WiFi maka anda bisa mengakses internet dengan nyaman untuk bermain game online, browsing, chating, ataupun streaming.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi pengguna hp Oppo yang mengalami masalah WiFi menolak akses. Simak pula artikel sebelumnya mengenai 3 Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga dan beragam artikel lainnya.