5 Cara Cek BI Checking di HP Android Secara Online

Bagi kamu yang belum tahu cara cek BI Checking lewat HP Android, kamu bisa simak terus ulasan berikut ini. BI Chekcing merupakan sebuah layanan informasi yang berisikan riwayat kredit dari debitur yang tercatat dalam SID (Sistem Informasi Debitur).

Informasi tersebut akan dibagikan ke semua Bank atau lembaga keuangan lainnya yang nantinya akan diperlukan ketika kamu mengajukan pinjaman seperti, KPR, KTA, Kartu Kredit atau KKB. Jika dalam BI Checking terdapat riwayat kredit yang tidak lancar, maka sudah dipastikan pengajuan kredit kamu ditolak oleh pihak Bank tempat kamu melakukan pengajuan.

Hal yang dilakukan oleh pihak Bank tersebut adalah suatu langkah preventif agar kredit yang kamu ajukan tidak mengalami macet atau kredit yang tidak lancar. Mengatahui hal tersebut, sebaiknya kamu lakukan pengecekkan pada BI Checking untuk mengetahui riwayat kredit yang sudah kamu lakukan.

Hampir sama mudahnya dengan PINJAM PULSA INDOSAT kamu bisa pinjam pulsa dengan cepat. Begitupula untuk Cara Cek BI Checking di HP Android yang bisa di lakukan dengan mudah dan cepat di hp android.

Cara mengeceknya pun cukup mudah, apalagi sekarang ini layanan untuk BI Checking sudah bisa dilakukan menggunakan HP Android. Seperti apa cara mengeceknya? Sialakan simak ulasan berikut ini.

Cara Cek BI Checking di HP Android

Cara Cek BI Checking di HP Android Secara OnlineAda beberapa langkah untuk mengecek BI Checking lewat HP Android. Cara mengeceknya adalah dengan mengakses secara online melalui SLIK.

Setelah itu, kamu bisa meminta informasi debitur untuk melakukan verifikasi detail kredit dengan membuka website resmi OJK. Adapun langkah-langkahnya, silakan simak penjelasan PROJEKTINO secara detail berikut ini.

1. Siapkan Terlebih Dahulu Dokumen Pendukung BI Checking

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu dokumen pendukung untuk cek BI Checking. Dokumen pendukung tersebut dibagi menjadi dua, yaitu dokumen untuk Debitur Perorangan dan dokumen untuk Debitur Badan Usaha.
Berikut pejelsannya.

Dokumen untuk Debitur Perorangan

Untuk Debitur Perorangan, dokumen pendukung yaNg harus disiapkan adalah sebagai berikut.

  1. Fotokopi KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Untuk Warga Negara Asing (WNA) bisa dengan fotokopi identitas diri atau identitas Paspor.
  3. Fotokopi identitas yang disertai dengan Surat Kuasa asli (jika diberi kuasa).

Dokumen untuk Debitur Badan Usaha

Dokumen yang diperlukan untuk Debitur Badan Usaha, bisa kamu lihat penjelasannya seperti berikut ini.

  1. Membawa Surat kuasa asli, fotokopi dan identitas asli badan usaha.
  2. Fotokopi dan identitas asli Surat Kuasa (jika diberi kuasa).
  3. Akta Pendirian dan NPWP.
  4. Identitas asli pengurus dan badan usaha atau fotokopi yang sudah dilegalisir.
  5. Perubahan anggaran dasar yang memuat struktur dan juga yurisdiksi pengurus.

2. Mengisi Form Antrian BI Checking Online

Cara Cek BI Checking di HP AndroidSetelah melengkapi dokumen seperti yang sudah disebutkan diatas, selanjutnya tinggal mengisi form antrian BI Checking yang dilakukan secara online. Cara mengisi form antrian tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Silakan buka HP Android kamu kemudian masuk ke Internet atau browser lainnya.
  2. Selanjutnya masuk ke situs OJK dengan alamat “https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi“.
  3. Jika sudah masuk ke alamat tersebut, silakan isi formulir permohonan IDEP.
  4. Setelah itu tinggal pilih jadwal dan waktu serta sisa slot antrian.

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka kamu tinggal pilih jam antrian online pada langkah berikutnya.

3. Memilih Jam Antrian Online

OJK memberikan layanan antrian online yang terbagi dalam jam-jam seperti berikut.

  • 08.00 – 09.00
  • 09.00 – 10.00
  • 10.00 – 11.00
  • 11.00 – 12.00
  • 13.00 – 14.00
  • 14.00 – 15.00

Perlu kamu ketahui bahwa permintaan informasi Debitur SLIK tersebut hanya ada pada hari Senin hingga hari Jumat. Jadi selain hari tersebut, kamu tidak bisa melakukan permintaan informasi Debitur SLIK.

4. Melakukan Verifikasi Data

Jika formulir antrian online sudah diisi, maka kamu akan mendapatkan persetujuan melalui email. Nantinya, kamu akan diminta untuk menghubungi OJK-SLIK via nomor Whatsapp yang terdapat di email untuk melengkapi tahap verifikasi data.

Pastikan untuk memperhatikan baik-baik isi email tersebut agar tidak terjadi kesalahan saat kamu mengisi verifikasi data. Selain itu, pastikan juga untuk menyelesaikan proses verifikasi data sesuai dengan panduan yang terdapat dalam email tersebut.

5. Mengecek Email yang Masuk

Apabila semua proses diatas sudah selesai, selanjutnya tinggal cek email yang masuk. Hal ini dilakukan karena SLIK OJK memberikan informasi secara detail ke Debitur SLIK melalui email yang masuk tersebut.

Jika kamu mengalami kendala ketika membacanya, maka jangan khawatir karena OJK memberikan panduan membaca pada situs resminya. Dengan masuk ke situs resmi tersebut, kamu akan mendapatkan panduan secara detail sehingga kamu bisa membacanya.

Cara diatas merupakan cara untuk registrasi antrian SLIK OJK saja. Untuk mendapatkan SLIK, kamu harus datang ke kantor OJK pusat di Jakarta yang terletak pada Komplek Perkantoran Bank Indonesia Lt. 2, Gd. A/Menara Radius Prawijo, Jl. M.H.Thamrin No. 2 Jakarta Pusat.

Pastikan untuk datang ke kantor OJK Pusat sesuai dengan jam antrian SLIK kamu. Kamu juga bisa hubungi contact center OJK dinomor 1500655 untuk informasi lebih lanjut.

Cara Membersihkan BI Checking agar Lolos Pinjaman

Cek BI Checking di HP AndroidAgar bisa lolos pinjaman, kamu harus datang ke kantor Bank tempat pengajuan kredit untuk mengutarakan masalah kamu. Lakukan negoisasi dengan meminta keringanan agar cicilan kredit bisa diselesaikan.
Dengan begitu, biasanya pihak Bank akan memberikan solusi seperti berikut.

  • Menjual pinjaman dengan sukarela ataupun dengan lelang.
  • Memberikan restrukturisasi pinjaman yang ditawarkan pihak Bank bagi debitur yang terkena musibah atau penipuan.
  • Meringankan denda dan bunga untuk melunasi pinjaman.
  • Membayar tuggakan pinjaman hingga mencapai kategori aman.

KESIMPULAN

Demikian cara cek BI Checking di HP Android yang bisa kamu lakukan. Dengan cara diatas, kamu bisa mendapatkan nomor antrian SLIK OJK dan kamu bisa datang ke Kantor Pusat OJK sesuai dengan jadwal antrian tersebut.

Jika kamu berhasil mendapatkan SLIK dari OJK, maka segera lakukan perencanaan keuangan agar terhindar dari ketergantungan hutang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Cara Cepat Mengisi Baterai HP Xiaomi” pada informasi sebelumnya.