7 Cara Menambah Ram Hp Xiaomi Tanpa Root

Keterbatasan memori ram menjadi salah satu penyebab hp Xiaomi lemot. Bagi yang memiliki hp Xiaomi dengan Ram besar mungkin tidak terlalu jadi masalah karena kinerja multitasking akan tetap lancar. Namun bagi yang hp dengan ram kecil kami sarankan untuk mencoba cara menambah Ram di hp Xiaomi pada artikel berikut ini.

Ram (Random Access Memori) berfungsi sebagai memori penyimpanan sementara untuk mempercepat proses dalam membuka aplikasi atau game. Semakin besar kapasitas Ram yang tersedia pada smartphone maka kemampuan multitaskingnya semakin baik. Jika cuma 1GB atau 2GB pasti terasa kurang ketika multitasking banyak aplikasi.

Kemampuan gaming juga berkurang apabila kapasitas Ram kecil. Sebagai solusi adalah menambahkan Ram menggunakan metode Swap. Metode ini bekerja dengan cara memanfaatkan memori penyimpanan untuk menambah kapasitas Ram. Mungkin anda berpikir untuk menambah Ram di hp Xiaomi layaknya komputer atau laptop, namun hal tersebut tidak mungkin dapat dilakukan.

Ram pada smartphone tidak bisa ditambah ataupun diganti secara manual. Satu-satunya cara adalah menggunakan metode swap. Caranya cukup mudah, dan bisa dilakukan tanp root. Nah untuk mengetahui cara menambah Ram di hp Xiaomi, silahkan simak tutorial projektino.com yang kami sampaikan di bawah ini.

Tutorial Cara Menambah Ram hp Xiaomi Tanpa Root

Cara Menambah Ram Hp Xiaomi Tanpa Root

Untuk menambah Ram di hp Xiaomi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Rata-rata memang membutuhkan akses root. Tentu tidak semua pengguna hp Xiaomi melakukan rooting pada ponsel miliknya. Lalu apakah bisa menambahkan Ram di hp Xiaomi tanpa root?

Ada satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menambahkan Ram di hp Xiaomi tanpa root. Aplikasi tersebut bernama Swap. Bagi yang tertarik mencobanya, silahkan download secara gratis di Play Store. Aplikasi ini bisa berjalan di hampir semua tipe hp Xiaomi, terutama yang menggunakan Android 5 ke atas.

Via Pengaturan MIUI 13

Untuk MIUI 13 sendiri sudah ada Fitur untuk menambahkan RAM. Dengan fitur ini pengguna Xiaomi bisa dengan mudah menambahkan RAM dengan mengambil memori internal ponsel android Xiaomi.

Namun pastikan terlebih dahulu sudah berada di MIUI 13 terbaru atau setidaknya di 12.5 agar bisa menikmati fitur ini. Untuk caranya silahkan ikuti langkah mudah ini.

  • Buka aplikasi pengaturan
  • Pilih menu Setelan Tambahan
  • Scroll kebawah pilih menu Penambahan Memori
  • Lalu silahkan centang icon yang ada
  • Tunggu sampai ponsel melakukan restart
  • Maka RAM Xiaomi akan otomatis bertambah

Nah, cara yang satu ini merupakan cara paling mudah untuk menambahkan RAM tanpa perlu aplikasi dengan memanfaatkan Miui 13. Silahkan praktekan pada ponsel Xiaomi kamu dan pastikan sudah menggunakan MIUI 12.5 keatas.

Via Aplikasi

Swap merupakan aplikasi buatan AllaKore LTDA. Sudah lebih dari 1 juta orang mencoba aplikasi tersebut. Rating yang didapatkan sangat bagus sehingga terbukti bisa menambahkan Ram tanpa perlu akses rooting. Oleh karena itulah kami sangat merekomendasikan aplikasi tersebut.

Cara menggunakan aplikasi Swap sangat mudah. Untuk mengetahui caranya silahkan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

1. Download Swap – No Root

Aplikasi Swap Ram Xiaomi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi Swap di Google Play Store. Aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis, namun untuk menggunakannya harus terlebih dahulu menonton iklan agar bisa mendapatkan coin. Selain itu, anda juga bisa membeli coin agar bisa menambahkan Ram dalam jumlah besar.

Setelah aplikasi didownload, kemudian buka aplikasi SWAP yang telah terinstal di smartphone.

2. Alokasikan Memori

Cara Menambahkan Ram Xiaomi

Langkah berikutnya tinggal mengalokasikan memori internal yang digunakan sebagai virtual ram. Silahkan masukan Swap Size pada kolom yang tersedia. Secara default akan terisi 512MB, namun anda bisa merubahnya sesuai keinginan.

3. Klik Create Swap

Cara Menambah Ram di Hp Xiaomi

Kemudian tinggal klik Create Swap. Kemudian akan muncul pop-up bahwa anda harus menonton iklan atau membeli coin agar bisa membuat virtual Ram.

4. Menonton Iklan

Silahkan anda pilih Watch Ad To Eearn Coin agar bisa menambah Ram secara gratis, tanpa perlu membeli coin.

Setelah selesai menonton iklan maka akan muncul pop-up yang bertuliskan bahwa anda telah berhasil mendapatkan 5 coins. Yah, untuk satu kali menonton iklan akan mendapatkan 5 coins.

Jika coins kurang untuk melakukan swap maka anda harus menonton iklan lagi. Bagi yang malas menonton iklan maka bisa membeli coins dengan harga Rp. 3000 untuk mendapatakan 500 coins.

5. Klik Create Swap

Setelah mendapatkan coins, kemudian klik kembali tombol Create Swap dan pastikan telah mengalokasikan memori dengan benar

6. Klik Yes

Berikutnya akan muncul pop-up bahwa akan membuat swap file dengan mengambil dari memori penyimpanan. Pastikan memori penyimpanan kalian mencukupi. Kemudian klik Yes untuk melanjutkan pembuatan virtual Ram atau swap file.

7. Swap File Sukses

Cara Tambah Ram Xiaomi

Silahkan tunggu proses pembuatan swap berhasil. Setelah berhasil maka akan muncul notifikasi yang bertuliskan SWAP file sukses. Jika berhasil maka Ram pada hp Xiaomi akan bertambah.

Meskipun hanya sebatas virtual Ram yang diambil dari memori internal, namun tetap ada perbedaan performa yang cukup signifikan. Kami yakin performa hp Xiaomi akan bertambah lebih cepat dan bisa terhindar dari lag.

Kesimpulan

Metode swap menjadi satu-satunya cara untuk menambah Ram pada hp Xiaomi. Metode tersebut akan menciptakan virtual Ram yang diambil dari memori internal. Itu artinya kapasitas memori internal akan berkurang karena akan digunakan sebagai virtual Ram. Pastikan memori internal yang dimiliki masih banyak agar tidak menganggu performa smartphone.

Silahkan anda mencoba tutorial di atas agar bisa menambahkan Ram di hp Xiaomi tanpa root. Metode di atas bisa menjadi solusi bagi yang mengalami masalah saat multitasking banyak aplikasi atau smartphone terasa lemot ketika bermain game. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat Hp Android Menjadi Webcam dan beragam artikel lainnya.