10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro : Harga & Spesifikasi

Xiaomi tak henti-hentinya merilis smartphone di tahun 2021. Kali ini giliran Xiaomi 11T Pro yang dirilis secara resmi dengan membawa segudang teknologi canggih. Ada banyak kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro yang wajib anda ketahui dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi berikut.

Xiaomi 11T Pro merupakan suksesor Mi 10T Pro yang tergolong sukses besar. Spesifikasi ponsel ini jauh lebih canggih dengan menawarkan chipset kelas flagship dan kamera beresolusi super tinggi. Layarnya juga berkualitas dan didukung kemampuan charging super cepat.

Spesifikasi yang dimiliki Xiaomi 11T Pro membawa ponsel ini bersaing melawan smartphone flagship yang dibanderol lebih mahal. Bisa dikatakan Xiaomi tidak setengah-setengah dalam merancang smartphone yang satu ini.

Bukan Xiaomi namanya apabila tidak mampu merancang smartphone murah berspesifikasi tinggi. Nah bagi yang tertarik membelinya, silahkan simak review kelebihan dan kekurangan spesifikasi Xiaomi 11T Pro yang kami sampaikan pada artikel projektino.com di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 11T Pro

1. Layar 120Hz AMOLED, Dolby Vision

Layar menakjubkan dengan kemampuan Dolby Vision dan HDR10+ menjadi salah satu kelebihan Xiaomi 11T Pro. Layar tersebut menggunkan panel Amoled terbaik yang memiliki 1 Miliar warna dan refresh rate 120Hz. Tak hanya itu, layarnya juga memiliki kecerahan hingga 1000 nits.

Hebatnya lagi, ponsel ini telah dilapisi kaca Corning Gorilla Vectus yang biasanya terdapat pada smartphone flagship dengan harga belasan juta rupiah. Dengan kelebihan tersebut maka layak apabila smartphone ini menyandang status sebagai salah satu smartphone terbaik di tahun 2021.

2. Desain Premium

Review Xiaomi 11T Pro

Desain smartphone ini juga terlihat premium dengan balutan frame metal dan bodi belakang kaca yang membuatnya tampak mewah saat dipandang dari berbagai sisi. Untuk dimensinya memiliki panjang 164.1 mm, lebar 76.9 mm, dan ketebalan 8.8 mm. Sedangkan bobotnya seberat 204 gram.

Sayang ponsel ini tidak bisa dibawa berenang. Xiaomi 11T Pro hanya mengantongi sertifikat IP53 yang artinya hanya bisa bertahan terhadap cipratan air serta debu. Namun menurut kami kekurangan tersebut sudah sebanding dengan harga Xiaomi 11T Pro yang cukup terjangkau.

3. Chipset Flagship Snapdragon™ 888

Snapdragon 888

Mengenai harga memang tidak bisa dikatakan murah. Namun jika dibanding smartphone lain yang memiliki spesifikasi setara maka bisa dikatakan jauh lebih terjangkau. Apalagi ponsel ini sudah menggunakan chipset flagship Qualcomm Snapdragon 888 5G yang merupakan chipset paling powerfull saat ini.

Snapdragon 888 5G memiliki processor 5nm yang meningkatkan kemampuan CPU sebesar 25% dan GPU 35% dibanding chipset generasi sebelumnya. Tak hanya itu, chipset tersebut juga lebih hemat daya. Namun permasalahan yang terjadi pada Snadpragon 888 adalah terasa panas ketika dipakai bermain game.

Ada beberapa varian memori yang disediakan Xiaomi. Untuk yang terendan memiliki Ram 8GB dengan Internal 128GB. Lalu ada pula versi Ram 8GB + Internal 256GB dan Ram 12GB + Internal 256GB. Semuanya berjalan pada OS Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.5.

4. Tidak Ada Slot MicroSD dan Jack Audio

Semua kelebihan di atas menjadi gambaran kehebatan Xiaomi 11T Pro. Namun bukan berarti smartphone ini tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah tidak ada slot microSD. Untungnya jenis memori yang digunakan sudah UFS 3.1 sehingga performanya sangat cepat.

Selain tidak ada slot microSD, ponsel ini juga tidak memiliki Jack Audio 3.5mm. Untuk menutup kekurangan tersebut, Xiaomi membekali ponsel ini dengan speaker stereo yang di tuning oleh Harman Kardon dan sudan mendukung teknologi Dolby Atmos.

5. 108 Megapixel Pro-Grade Camera

Spesifikasi Xiaomi 11T Pro

Masih banyak kelebihan Xiaomi 11T Pro lainnya. Salah satu yang paling menakjubkan adalah hadirnya kamera utama 108 Megapixel yang bisa menghasilkan foto dan video berstandar flagship. Kamera tersebut memiliki sensor yang besar sehingga optimal saat pengambilan foto low light.

Sensor yang digunakan memiliki ukuran 2.1ÎĽm 9-in-1 Super Pixel dengan Dual Native ISO yang memberikan hasil foto dan video berkualitas tinggi. Selain itu, tersedia pula kamera Ultrawide 8 Megapixel dan Telephoto Macro 5 Megapixel.

Menariknya, ponsel ini bisa merekam video hingga resolusi 8K@30fps. Lalu untuk kamera depn memiliki resolusi 16 Megapixel yang siap dijadikan sebagai senjata perang untuk zoom, selfie, dan video call.

6. Fast Charging 120W

Dari semua kelebihan di atas, yang menurut kami paling menarik adalah teknologi Fast Charging 120W yang dimiliki Xiaomi 11T Pro. Dengan teknologi tersebut, ponsel ini bisa mengisi daya baterai berkapasitas 5.000 mAh dari 0 samapi 100% dalam waktu 17 menit.

Daya tahan baterainya juga sangat irit. Dengan mengisi daya 10 menit pengguna Xiaomi 11T Pro bisa memutar video selama 7 jam da merekem video full hd dengan durasi 2 jam. 

7. Support 5G + NFC

Semua konektivitas yang ada di smartphone flagship telah tersedia pada ponsel ini. Salah satunya adalah teknologi 5G yang memungkinkan pengguna Xiaomi 11T Pro untuk berselancar di dunia maya dengan kecepatan luar biasa. Selain itu, tersedia pula NFC, Infrared, Wi-Fi 6, Bluetooth v5.2 dan USB Type-C.

Kemudian untuk bagian keamanan dilengkapi Fingerprint Sensor yang ditempatkan bersamaan dengan tombol power. Selain itu, tersedia pula Face Unlock yang memanfaatkan kamera depan bertipe Punch Hole di tengah-tengah layar Xiaomi 11T Pro.

8. Harga Xiaomi 11T Pro

Harga Xiaomi 11T Pro

Ponsel ini tersedia dalam 3 pilihan warna yang terdiri dari hitam, biru, dan putih. Harganya dibanderol mulai dari 650 Euro atau setara Rp. 10 Jutaan. Harga Xiaomi 11T Pro tersebut merupakan harga di Eropa. Untuk pasar Indonesia kami jamin jauh lebih terjangkau.

Seharusnya ponsel ini akan dipasarkan di Indonesia pada rentang harga Rp. 8 Jutaan. Sebab Xiaomi 11T Pro ditempatkan di bawah Xiaomi Mi 11 yang saat ini pertama kali dirilis dengan harga Rp. 10 Jutaan. Untuk memastikannya mari kita menunggu ponsel ini dirilis resmi dalam waktu dekat ini.

Kesimpulan

Langkah Xiaomi untuk meluncurkan Xiaomi 11T Pro sangatlah tepat. Ponsel ini bisa menjadi alternatif bagi Mi Fans yang ingin mendapatkan smartphone flagship, namun dengan harga miring. Apalagi spesifikasinya tak kalah dari smartphone flagship yang harganya belasan juta rupiah.

Smartphone ini dipastikan akan dipasarkan di Indonesia. Bagi yang tertarik membelinya maka silahkan simak terlebih dahulu ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro di atas. Nah cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai  Cara Menyalin Kontak ke Kartu SIM HP Samsung dan beragam artikel lainnya.Â