11 Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo A54, A15s, A12 dan Tipe Hp Lainnya

Jaringan yang tidak stabil menjadi penyebab utama koneksi internet lemot. Masalah tersebut bisa terjadi di semua smartphone, termasuk Oppo. Cara mengatasinya sangat mudah, yakni dengan cara mengunci jaringan 4G Oppo. Metode ini sangat efektif dan terbukti berhasil membuat jaringan internet menjadi lebih stabil.

Cara mengunci jaringan 4G Oppo cukup mudah. Namun harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sebelumnya pengguna hp Oppo bisa mengunci jaringan 4G menggunakan kode rahasia. Akan tetapi kode tersebut sudah tidak bisa digunakan, terutama pada hp Oppo tipe terbaru. Sedangkan untuk tipe lama seperti Oppo F1s, Oppo A57, dan beragam tipe lainnya kemungkinan masih bisa menggunakannya.

Oppo sengaja mengunci kode rahasia mengunci jaringan 4G untuk mecegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untungnya masih ada metode lain yang bisa digunakan untuk mengunci jaringan 4G Oppo sehingga kita tidak perlu bingung apabila ingin mencoba hal ini.

Setelah jaringan terkunci menjadi 4G Only maka jaringan tidak akan berpindah ke 3G atau bahkan 2G. Inilah yang membuat koneksi internet menjadi lebih stabil. Meksipun lebih stabil, namun akan membuat smartphone tidak bisa digunakan sama sekali untuk telepon, sms, dan internet ketika berada di lokasi yang hanya support jaringan 2G atau 3G.

Setelah mengetahui resiko yang didapatkan apabial mengunci jaringan 4G maka anda tinggal mencobanya. Nah bagi yang saat ini menggunakan smartphone tipe terbaru seperti Oppo A12s, Oppo A54, Oppo A92, Oppo A53, Reno 5, dan beragam tipe lainnya maka bisa mencoba cara mengunci jaringan 4G Oppo yang kami sampaikan pada artikel projektino.com di bawah ini.

Tutorial Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

1. Kode Rahasia Lock 4G Oppo

Ada banyak sekali kode rahasia hp Oppo yang bisa digunakan untuk membuka fitur tersembunyi. Salah satunya adalah kode rahasia untuk mengunci jaringan 4G. Tidak semua hp Oppo bisa menggunakan kode rahasia ini. Nah untuk mengetahui apakah handphone kalian support kode rahasia tersebut atau tidak, silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Buka menu panggilan telepon atau Dial Up
  2. Kemudian ketikan kode *#*#4636*#*#
  3. Selanjutnya akan masuk ke Phone Info 
  4. Kemudian tinggal scroll ke bawah, lalu cari menu Set Preferred Network Type atau dalam bahasa Indonesia bertuliskan Pilih Jenis Jaringan Yang Disukai
  5. Setelah itu tinggal atur menjadi LTE Only.
  6. Jika sudah mengatur jaringan menjadi LTE Only maka secara otomatis jaringan smartphone hanya bisa mengakses jaringan 4G.

Selain menggunakan kode rahasia di atas, kalian juga bisa mencoba mengunci jaringan 4G hp Oppo menggunakan kode *#800#. Kode tesebut berfungsi untuk masuk ke menu EngineerMode. Setelah berhasil masuk ke EngineerMode, kemudian masuk ke tab Telephony. Berikutnya pilih menu Network Selecting. Selanjutnya pilih kartu SIM yang digunakan untuk mengakses internet, lalu atur bagian Set Preferred Network Type menjadi LTE Only.

2. Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Dengan Aplikasi

Silahkan terlebih dahulu mencoba cara mengunci jaringan 4G Oppo di atas. Apabila tidak berhasil maka berarti smartphone udah dikunci agar tidak bisa mengunci jaringan dengan kode rahasia. Untuk mengatasi masalah tersebut maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

  1. Download aplikasi bernama 4G LTE Switcher di Play Store. Kami merekomendasikan aplikasi tersebut karena tidak ada iklan dan mudah digunakan.Cara Lock 4G Hp Oppo
  2. Setelah didownload, kemudian buka aplikasi 4G LTE Switcher
  3. Kemudian secara otomatis akan masuk ke Phone Info atau Info Telepon
  4. Berikutnya tinggal mengubah bagian Setel Jenis Jaringan yang disukai.
  5. Lalu kita pilih LTE OnlyCara Lock 4G Only Oppo

Fungsi aplikasi di atas hanyalah untuk membuka menu pengaturan jaringan yang sebelumnya sudah dikunci Oppo. Sedangkan cara mengunci jaringan Oppo dengan aplikasi sama saja dengan menggunakan kode rahasia karena kedua metode ini sama-sama masuk ke pengaturan Phone Info atau Info Telepon.

Jika aplikasi di atas tidak bisa digunakan di handphone kalian maka tidak perlu khawatir. Masih banyak aplikasi serupa yang tersedia di Play Store, seperti Force LTE Only, 4G Only Network Mode, dan masih banyak lagi lainnya. Silahkan cari yang benar-benar support di hp kalian dan cara menggunakannya sama saja dengan aplikasi 4G LTE Switcher yang kami rekomendasikan di atas. 

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa cara mengunci jaringan di hp Oppo sebenarnya sangat mudah. Ada dua metode yang bisa digunakan, yakni dengan kode rahasia dan aplikasi pihak ketiga. Silahkan kalian mencoba salah satunya dan apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah Bisa Mengunci Jaringan 4G Tanpa Aplikasi?

Bisa, caranya adalah menggunakan kode rahasia *#*#4636*#*#. Silahkan ketikan kode tersebut, lalu akan masuk ke menu Info Telepon untuk mengunci jaringan 4G Only

Mengapa Kode *#*#4636*#*# Tidak Bisa Digunakan di Hp Oppo?

Apabila tidak bisa digunakan berati kode rahasia tersebut telah dikunci. Nah agar tetap bisa mengunci jaringan 4G di hp Oppo maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti 4G LTE Switcher, dll.

Apa Mengunci Jaringan Menjadi 4G Only Berbahaya?

Tidak sama sekali. Hal ini tidak akan membuat smartphone menjadi error.

Bagaimana Cara Mengembalikan Pengaturan 4G Only?

Untuk mengembalikan pengaturan seperti semula tinggal kembali ubah pengaturan jaringan menjadi LTE/GSM Auto.

Nah demikianlah tutorial singkat cara mengunci jaringan 4G pada hp Oppo A15s, Oppo A54, Oppo A92 dan beragam tipe lainnya. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengatasi HP Lemot Oppo dan Cara Menyambungkan Hp Oppo ke TV