8 Cara Reset Samsung A02 Lupa Pola, PIN dan Password

Cara Reset Samsung A02 – Banyak pengguna Samsung A02 yang mengalami masalah lupa pola, pin, ataupun password yang digunakan sebagai kunci layar. Perlu kalian ketahui, ponsel ini tidak memiliki fingerprint sensor sehingga hanya bisa menggunaan kunci layar berupa pin, pola, atau password. Nah apabila mengalami masalah tersebut maka salah satu solusinya adalah melakukan hard reset untuk menghapus kunci layar secara paksa.

Selain reset sebenarnya ada cara lainnya, yakni dengan menggunakan fitur Find My Mobile yang disediakan Samsung. Namun metode tersebut hanya bisa digunakan apabila smartphone sudah login Samsung. Apabila belum login maka satu-satunya cara adalah melakukan hard reset. Apabila merasa sudah pernah login maka bisa mencoba tutorialnya pada artikel berikut “Cara Membuka Hp Samsung Terkunci“.

Resiko hard reset adalah akan menghapus semua file yang ada di Samsung A02, khususnya file yang ada di memori internal. Pengaturan smartphone akan kembali lagi ke pengaturan pabrik, jadi jangan heran apabila semua file akan hilang. Inilah resiko yang harus dihadapi apabila harus melakukan hard reset.

Apabila ternyata smartphone sudah login akun Samsung maka lebih baik menggunakan fitur Find My Mobile yang bisa digunakan untuk membuka hp Samsung A02 yang terkunci tanpa reset. Akan tetapi jika harus terpaksa melakukan reset maka bisa mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan pada artikel berikut ini.

Tutorial Cara Reset Samsung A02

Cara Reset Samsung A02 Lupa Pola

Sekilas Tentang Samsung A02

Samsung A02 merupakan salah satu smartphone termurah Samsung di Indonesia. Smartphone ini dijual dengan harga di bawah 1.5 Juta Rupiah yang membuatnya sangat terjangkau bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Untuk spesifikasinya tergolong lumayan dengan mengandalkan layar berukuran 6.5 inci yang memiliki resolusi 720 x 1200 pixels.

Salah satu alasan mengapa harga smartphone ini murah adalah masih menggunakan processor Quad Core 1.5 Ghz dari Mediatek. Meskipun begitu, Samsung sudah melengkapinya dengan Ram 3GB dan memori internal 32GB yang menjadikan performa multitasking tetap mulus. Lalu ada pula baterai berkapasitas 5.000 mAh yang memberikan daya tahan baterai seharian penuh.

Di sisi lain, Samsung A02 memiliki dua kamera belakang yang masing-masingnya beresolusi 13 Megapixel dan 2 Megapixel. Kemudian untuk kamera bagian depan memiliki resolusi 5 Megapixel. Kualitas kamera Samsung A02 memang standar, namun sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi para penggunanya.

Smartphone ini memang dikhususkan untuk segmen entry-level yang notabennya merupakan segmen paling subur di Indonesia. Karena faktor inilah banyak orang yang lebih memilih membeli Samsung A02 dibanding smartphone Samsung lainnya.

Dari segi spesifikasi dan fitur memang ada beberapa kekurangan. Akan tetapi Samsung A02 tetap bisa diandalkan untuk pemakaian sehari-hari seperti chating, browsing, buka sosmed, dan bermain game ringan. Nah untuk mengetahui spesifikasi smartphone ini secara lengkap, silahkan simak informasi berikut “Spesifikasi Samsung Galaxy A02“.

Cara Reset Samsung A02

Bagi yang sudah membeli Samsung A02 dan mengalami masalah terkunci password, pola, ataupun pin maka tidak perlu khawatir. Sebab cara reset Samsung A02 tergolong sangat mudah. Namun perlu diingat, langkah ini akan menghapus semua file yang ada di smartphone dan file yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan.

Reset bertujuan untuk mengembalikan pengaturan Samsung A02 ke pengaturan pabrik. Langkah ini secara otomatis akan menghapus kunci layar yang digunakan sehingga bisa mengatasi masalah hp Samsung A02 terkunci. Nah untuk mengetahui langkah-langkah cara reset Samsung A02, silahkan simak di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu matikan smartphone
  2. Saat smartphone dalam keadaan mati, kemudian tekan Tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan sampai muncul logo SamsungCara Reset Samsung A02
  3. Setelah itu lepaskan semua tombol dan akan masuk ke menu Android Recovery
  4. Apabila sudah masuk ke Android Recovery, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu Wipe Data / Factory Reset. Untuk memilih menu tersebut, anda harus menggunakan tombol volume. Kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasiCara Hard Reset Hp Samsung A01
  5. Langkah berikutnya silahkan pilih Factory Data Reset, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasiCara Factory Data Reset Hp Samsung A01
  6. Selanjutnya smartphone akan melakukan hard reset. Silahkan tunggu sampai proses reset selesai
  7. Jika langkah ini sudah dilakukan, kemudian pilih Reboot System Now.
  8. Kemudian tinggal menunggu smartphone selesai restart, lalu akan masuk ke pengaturan awal Samsung A02

Setelah smartphone berhasil restart maka akan masuk ke Pengaturan Awal. Nah pada bagian ini, anda harus memasukan akun Google yang digunakan sebelum melalukan reset. Akun Google yang dimasukan harus benar, karena apabila salah smartphone akan kembali terkunci dan harus melakukan bypass untuk mengatasi masalah tersebut.

Kesimpulan

Silahkan mencoba tutorial di atas untuk mengatasi masalah hp Samsung A02 lupa pola, pin, ataupun terkunci password. Apabila berhasil maka smartphone akan kembali lagi seperti baru karena pengaturan akan kembali ke pengaturan pabrik dan semua file yang ada di memori internal akan terhapus, termasuk aplikasi dan game yang sebelumnya sudah terinstal.

Hard reset tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi masaah Samsung A02 terkunci saja, namun juga untuk mengembailkan performa smartphone kembali seperti baru lagi. Nah demikianlah informasi projektino.com pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Screenshot Samsung M02” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.