29 Cara Reset Hp Vivo Ke Pengaturan Pabrik

Ada dua cara reset hp Vivo untuk mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Cara yang termudah adalah melalui menu Reset yang bisa diakses melalui menu Settings. Sedangkan cara yang kedua adalah melalui Revocery Mode.

Meskipun caranya berbeda, namun keduanya sama-sama akan menghapus semua file yang tersimpan di dalam hp Vivo. Sebelum melakukan reset ada baiknya terlebih dahulu membackup semua file-file penting agar tidak hilang setelah proses reset selesai.

Proses reset hp Vivo tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya juga sangat mudah, dan kami yakin semua pengguna hp Vivo bisa melakukannya. Setelah smartphone berhasil direset maka semua file akan hilang dan pengaturan akan kembali ke pengaturan pabrik.

Proses reset hanya akan menghapus file yang tersimpan di memori internal. Sedangkan untuk file di memori eksternal atau MicroSD akan tetap aman. Itu artinya kita bisa membackup file ke memori eksternal tanpa perlu khawatir terhapus.

Performa smartphone akan terasa kembali seperti baru setelah melakukan hard reset. Sebab semua aplikasi ataupun pengaturan yang memberatkan kinerja smartphone akan dihapus. Alhasil hard reset bisa menjadi solusi untuk mengatasi beragam masalah pada hp Vivo.

Ada banyak sekali masalah yang bisa teratasi dengan hard reset. Salah satunya adalah untuk mengatasi hp Vivo yang lemot atau sering ngehang. Selain itu, hard reset juga bisa mengatasi masalah force close yang sering tejradi pada saat menjalankan aplikasi tertentu.

Yah, manfaat Hard Reset atau Factory Reset hp VIvo memang bermacam-macam. Namun pada intinya, tujuan reset adalah untuk kembali ke pengaturan pabrik. Nah bagi yang ingin mengetahui cara reset hp Vivo, silahkan simak informasi projektino.com berikut ini. 

Tutorial Cara Reset Hp Vivo Ke Pengaturan Pabrik 

Cara Reset Hp Vivo Semua Tipe

1. Hard Reset Hp Vivo Melalui Settings

Cara paling aman untuk reset hp Vivo adalah melalui menu Settings. Kalian bisa menggunakan cara ini untuk hard reset beragam tipe hp Vivo seperti Y12, Y1s, Y51, Y93, V20, V20 SE, dan beragam tipe lainnya. Selain aman, caranya juga sangat mudah. Kalina hanya perlu mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka aplikasi Settings
  2. Kemudian pilih menu System
  3. Selanjutnya pilih Backup & Reset
  4. Berikutnya akan muncul tiga pilihan reset. Yang pertama adalah Reset Network Settings untuk mereset pengaturan jaringan. Lalu ada pula Reset All Setings untuk reset pengaturan hp Vivo ke pengaturan pabrik tanpa menghapus file. Sedangkan opsi yang ketiga adalah Erase App Data untuk menghapus semua file dan pengaturan yang ada di smartphone.
  5. Silahkan pilih Erase App Data agar bisa melakukan hard reset secara menyeluruh
  6. Selanjutnya akan muncul halaman persetujuan. Silahkan centang opsi Format Phone Storage untuk memformat semua file yang ada di smartphone
  7. Berikutnya klik tombol Clean Now untuk mulai reset hp Vivo
  8. kemudian tinggal menunggu sampai proses hard reset selesai.

Yah, Vivo menyediakan beberapa opsi reset. Namun agar smartphone kembali lagi seperti baru maka kami sarankan untuk memilih menu Erase App Data. Apabila cuma memiliki Reset All Setting maka hanya akan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik saja, tanpa menghapus aplikasi yang sudah terinstal.

2. Hard Reset Vivo Tipe Terbaru

Owh yah, untuk beberapa smartphone terbaru yang menggunakan sistem operasi Android 10 ke atas memiliki menu Settings yang berbeda. Alhasil cara reset-nya juga berbeda. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Buka menu Settings, kemudian pilih SystemCara Reset Vivo Ke Pengaturan Pabrik
  2. Selanjutnya pilih Reset OptionsCara Hard Reset Hp Vivo
  3. Berikutnya pilih Erase All Data (Factory Reset)Cara Factory Reset Hp Vivo
  4. Selanjutnya klik tombol Delete All Data untuk menghapus semua file yang ada di smartphone
  5. Lalu klik lagi Delete All Data untuk konfirmasi
  6. Setelah itu tinggal menunggu proses reset selesai.

3. Factory Reset Lewat Recovery Mode

Berikutnya kami akan memberikan cara reset hp Vivo melalui Recovery Mode. Metode hard reset ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah hp Vivo bootloop atau mentok dilogo. Cara reset hp Vivo ini cukup mudah, namun kalian harus hati-hati saat melakukannya. Pastikan mengikuti setiap langkap di bawah ini agar bisa melakukan hard reset secara baik dan benar.

  1. Marikan terlebih dahulu smartphone
  2. Kemudian tekan tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan sampai logo Vivo muncul dan masuk ke mode Fastboot
  3. Setelah masuk ke mode Fastboot, kemudian pilih menu Recovery Mode dengan cara menekan tombol volume turun, lalu tekan tombol power untuk memilih menu tersebut.
  4. Berikutnya pilih Clear DataCara Reset Vivo Semua Tipe
  5. Setelah itu pilih Clear All DataClear Semua Data Vivo
  6. Selanjutnya akan muncul peringatan bahwa Clear All Data akan menghapus semua file yang ada di smartphone. Silahkan klik OK
  7. Apabila smartphone menggunakan Password, maka anda harus memasukan password terlebih dahulu sebelum memulai Clear All Data
  8. Setelah proses clear data selesai, kemudian klik ReturnCara Mereset Hp Vivo
  9. Selanjutnya tinggal memilih menu Restart dan tunggu sampai proses reset selesai.Cara Reset Vivo Android

4. Recovery Mode Hp Vivo Tipe Lama

Perlu kalian ketahui, ada beberapa tipe hp Vivo yang memiliki tampilan Mode Recovery berbeda, terutama untuk tipe lama seperti Vivo V15, Y83 dan masih banyak lagi lainnya. Nah untuk tipe lama cara resetnya berbeda. Adapun caranya adalah sebagai berikut

  1. Matikan smartphone
  2. Tekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan sampai muncul logo Vivo dan masuk ke mode Fastboot
  3. Kemudian pilih Recovery Mode dengan cara menekan tombol volume bawah, lalu setujui dengan tombol power
  4. Selanjutnya pilih Wipe Data dengan cara menekan tombol volume dan pilih tombol power untuk disetujuiCara Wipe Data Vivo
  5. Kemudian akan muncul tulisan Reboot System Now dan dapat disetujui dengan menekan tombol power
  6. Setelah itu tinggal menunggu proses reset selesai

Kesimpulan

Tidak semua hp Vivo memiliki cara reset yang sama. Meskipun begitu caranya tetap mudah dan kami yakin kalian semua bisa mencobanya. Silahkan kalian mengikuti tutorial di atas agar bisa mengetahui bagaimana cara reset hp Vivo. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan buka halaman www.vivo.com/id/support dan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Reset Hp Vivo Akan Menghapus Semua File?

Yah, semua file akan terhapus apabila melakukan reset melalui Recovery Mode.

Apakah Bisa Reset Tanpa Hapus File?

Bisa, namun anda harus reset melalui menu Settings. Kemudian anda harus memilih opsi Reset All Settings, bukan Factory Reset

Mengapa Harus Memasukan Password Saat Reset Lewat Recovery?

Hal ini terjadi karena smartphone yang akan direset menggunakan kode password, pola, atau pin sebagai layar kunci

Mengapa Hard Reset Gagal?

Pastikan anda memilih menu Wipe Data atau Clear Data agar proses reset berhasil 100%

Nah demikianlah informasi seputar cara hard reset pada smartphone Vivo. Silahkan kalian mencoba tuturial di atas dan simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengatur Sensitif Layar Samsung dan beragam artikel bermanfaat lainnya.