4 Cara Screenshot Samsung A11 : Panjang, Gesture & Dengan Tombol

Sudah sewajarnya semua ponsel android memiliki kemampuan untuk melakukan screenshot atau capture. Seperti halnya ponsel lainnya untuk Cara Screenshot Samsung A11 juga mudah meskipun banyak pengguna baru yang belum bisa.

Untuk bisa melakukan screenshot di ponsel Samsung kamu harus menggunakan berbagai cara. Mulai dari menggunakan fitur bawaan sampai dengan menggunakan aplikasi pihak kedua untuk melakukan capture di ponsel samsung.

Sama halnya dengan ponsel samsung lainnya, seperti Screenshot Samsung Galaxy S20 untuk Samsung A11 juga ada beberapa cara. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada di ponsel tersebut.

Namun jika keperluan screenshot yang di tuju adalah screenshot panjang maka tidak tidak bisa menggunakan kombinasi tombol fisik. Nah, bagi pengguna Samsung Galaxy A11 baru mungkin belum paham betul cara melakukan SS di ponsel nya.

Dimana ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di ponsel Samsung A11 yang sudah hadir sebagai fitur bawaan. Ga perlu bingung saat hendak menampilkan tangkapan layar di ponsel Samsung karena hampir semua ponsel samsung memiliki fitur SS yang sama.

Tutorial Cara Screenshot Samsung A11

Cara Screenshot Samsung A11Ada beberapa cara mudah yang perlu kamu ketahui untuk melakukan tangkapan layar di ponsel samsung. Kombinasi Tombol fisik mungkin bisa menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa kamu praktekan.

Semua hasil tangkapan layar ponsel samsung akan dengan otomatis bisa kamu lihat di menu galeri ponsel. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan Projektino.com berikut ini menggenai Cara Screenshot Samsung A11 yang mudah.

1. Screenshot Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Cara Screenshot Samsung A11 Tombol FisikCara screenshot yang pertama adalah dengan menggunakan tombol fisik, cara ini di sinyalir paling mudah bagi beberapa pengguna. Dimana hanya menggunakan tombol Volume Bawah dan power di tekan secara bersamaan maka otomatis ponsel akan langsung menampilkan tangkapan layar.

Tombol Volume Bawah + Power

Hanya dengan menekan tombol volume bawah plus power sudah bisa melakukan tangkapan layar di hp Samsung A11. Cara sceenshot konefensional seperti ini memang lazim digunakan di berbagai ponsel android tak hanya Samsung saja.

2. Screenshot Dengan Usap Layar

Screenshot Samsung A11 Usap LayarCara yang kedua untuk melakukan SS di ponsel ini adalah dengan menggunakan fitur usapan layar atau Gesture Motion. Untuk bisa menggunakan fitur ini pastikan kamu sebelumnya sudah mengaktifkan dahulu fitur Gesture ini pada bagian setting.

  1. Buka Pengaturan Samsung A11, lalu pilih menu Fitur Lanjutan.
  2. Kemudian pilih menu Gerakan dan Gesture.
  3. Setelah itu silahkan aktifkan menu Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil.
  4. Apabila fitur ini sudah aktif, maka kalian bisa mengambil screenshot dengan cara mengusapkan tepi tangan ke seluruh layar.

Setelah fitur aktif maka kamu akan bisa melakukan tangkapan layar dengan cara menggusap bagian layar ponsel tanpa harus menyentuhnya. Dengan mengaktifkan fitur ini maka kamu hanya perlu melakukan usapan kecil saja untuk bisa mengambil tangkapan layar.

3. Screenshot Panjang Samsung

Screenshot Panjang SamsungCara mudah selanjutnya adalah dengan melakukan screenshot panjang untuk samsung a11. Untuk bisa menggunakan cara yang satu ini kamu lebih dahulu harus mengaktifkan fitur yang ada di menu setting.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Kemudian pilih Fitur Lanjutan.
  3. Setelah itu pilih menu Gambar Layar dan Perekam Layar.
  4. Kemudian aktifkan Bilah Alat Gambar Layar atau Screenshoot Toolbar.
  5. Setelah screenshot toolbar aktif, maka tinggal mencoba mengambil screenshot.
  6. Kemudian akan muncul Screenshot Toolbar setelah pengambilan screenshot berhasil.
  7. Untuk mengambil screenshot panjang, silahkan klik icon tanda anak panah kebawah.
  8. Silahkan klik berkali-kali untuk mendapatkan hasil screenshot panjang yang diinginkan.

Untuk bisa melakukan screenshot panjang di Samsung a11 kamu ga perlu lagi untuk melakukan kombinasi tombol fisik hanya perlu mengaktifkan fitur diatas saja. Hasil SS sama seperti yang lainnya bisa di jumpai pada menu galeri ponsel kamu.

4. Screenshot Dengan Pop UP

Screenshot Samsung A11 Dengan Pop UPCara screenshot tanpa tombol yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pop up. Namun sebelumnya kamu harus mengaktifkan fitur assisten pada Samsung A11, untuk mengaktifkan fitur ini kamu hanya perlu masuk ke menu setting seperti dibawah.

  1. Buka menu Pengaturan, lalu pilih Aksesibilitas.
  2. Selanjutnya pilih menu Interaksi dan Kecekatan.
  3. Setelah itu tinggal mengaktifkan Menu Asisten.
  4. Berikutnya klik tombol virtual yang muncul pada layar.
  5. Kemudian klik Gambar Layar untuk mengambil screenshot.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu tap shortcut atau pop up yang muncul pada bagian layar ponsel yang sudah di aktifkan dengan cara diatas. Pada shortcut tersebut pilih loco screenshot untuk melakukan screenshot tanpa menggunakan akses lainnya lagi.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A11 merupakan sebuah ponsel keren yang bakalan memiliki perfoma yang apik di tambah dengan harganya yang cukup bersahabat. Namun masih ada beberapa pengguna yang belum tau menggenai fitur mendasar dari ponsel ini seperti cara melakukan screenshot.

Itu dia beberapa Cara Screenshot Samsung A11 yang wajib kamu ketahui sebagai pengguna Samsung a11 semoga bisa bermanfaat. Baca info lainnya seperti Kode Rahasia Xiaomi Semua Tipe yang sudah di ulas projektino.com pada informasi sebelumnya.