6 Cara Scan Barcode Wifi Xiaomi Tanpa Aplikasi

Sebagian besar pengguna hp Xiaomi pasti menggunakan WiFi untuk mengaskes internet. Agar bisa menggunakannya maka harus terlebih dahulu memasukan password. Caranya sangat mudah. Anda bisa memasukan password WiFi secara manual atau otomatis melalui fitur scan barcode. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara scan barcode WiFi di hp Xiaomi?

Semua tipe hp Xiaomi sudah dilengkapi fitur scan barcode. Fungsinya untuk memudahkan pengguna memasukan password wifi secara otomatis. Untuk mengaktifkan fitur tersebut hanya perlu masuk ke pengaturan WiFi yang ada di hp Xiaomi. Setelah itu tinggal scan barcode dari hp lain yang sudah terhubung ke WiFi.

Bagi pengguna lama pasti sudah mengetahui cara scan barcode wifi di hp Xiaomi. Namun lain cerita bagi pengguna baru yang belum terbiasa menggunakan smartphone Xiaomi. Apalagi hp Xiaomi memiliki tampilan menu berbeda karena menggunakan sistem operasi MIUI yang menjadi ciri khasnya.

MIUI dikenal memiliki banyak fitur. Saking banyaknya menjadi terasa kurang simpel. Jadi wajar apabila banyak yang kebingungan ketika ingin scan password WiFi. Nah bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan mengikuti tutorial singkat projektino.com di bawah ini.

Cara Scan Barcode Wifi Xiaomi

Cara Scan Barcode WiFi di Hp Xiaomi

Fitur scan barcode wifi hanya bisa digunakan apabila smartphone lain sudah terhubung ke jaringan wifi. Sebab yang di scan adalah barcode dari handphone lain. Selain itu, kalian juga bisa scan barcode secara manual yang biasanya disediakan di tempat-tempat tertentu, seperti di cafe dan tempat umum lainnya.

Seperti yang kami singgung di atas, cara scan-nya sangat mudah. Kalian hanya perlu mengarahkan kamera smartphone ke barcode. Jika berhasil terhubung maka secara otomatis smartphone akan langsung terkoneksi ke jaringan WiFi, tanpa perlu memasukan password secara manual.

Fitur scan barcode Xiaomi bisa digunakan untuk scan barcode dari semua merek smartphone, seperti Samsung, Vivo, Oppo, Realme, dll. Lalu bagiamana cara proses scan-nya? Caranya sangat simpel. Kalian hanya perlu mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan di bawah ini.

1. Buka Menu Setelan

Agar bisa scan barcode wifi di hp Xiaomi, kamu harus terlebih dahulu masuk ke menu Setelan atau Settings.

2. Pilih Menu Wi-Fi

Selanjutnya akan muncul berbagai macam pengaturan hp Xiaomi. Silahkan buka menu Wi-Fi

3. Aktifkan Wi-Fi

Bagi yang wifi-nya belum aktif, silahkan terlebih dahulu mengaktifkannya dengan mengklik toogle di bagian samping sampai berubah warna. Selain itu, kalian juga bisa mengaktifkan wifi melalui status bar.

4. Klik Icon Scan

Cara Scan Barcode WiFi

Setelah wifi aktif, maka langkah selanjutnya tinggal mengklik icon scan barcode yang berada di pojok kanan atas.

5. Scan Barcode WiFi

Cara Scan WiFi Xiaomi

Lalu secara otomatis kamera akan aktif. Kalian tinggal mengarahkan kamera ke barcode wifi, sesuai dengan bingkai yang muncul.

6. Wi-Fi Terhubung

Apabila scan barcode berhasil maka secara otomatis wi-fi akan langsung terhubung.

Selain untuk scan barcode wifi, cara di atas juga bisa digunakan untuk membagikan barcode wifi ke perangkat lain. Silahkan kalian mencobanya sendiri agar tidak perlu mengetik password wifi secara manual.

Kesimpulan

Setelah wifi berhasil terhubung maka bisa langsung mengakses internet untuk streaming, browsing, download, dan berbagai aktifitas online lainnya. Koneksi wifi biasanya lebih lancar dibanding jaringan seluler sehingga anda bisa mengakses internet secara nyaman. Untuk masalah kecepatan tergantung dari jaringan WiFi.

Saat ini rata-rata WiFi menggunakan jaringan fiber optic sehingga memiliki kecepatan di atas 10mbps. Di atas kertas memang lebih lambat dibanding jaringan 4G. Namun soal kenyamanan kami lebih memilih WiFi. Sebab WiFi menawarkan akses internet lebih stabil.

Silahkan kalian mencobanya sendiri di semua tipe hp Xiaomi. Kami sendiri menggunakan Xiaomi Redmi Note 11 Pro dengan sistem operasi MIUI 13 berbasis Android 12.

Untuk MIUI versi lain mungkin tampilannya sendiri berbeda. Namun pada intinya cukup masuk ke menu pengaturan WiFi, lalu klik icon scan barcode. Setelah itu tinggal mengarahkan kamera ke barcode wifi.

Nah demikianlah tutorial singkat mengenai cara scan barcode WiFi di hp Xiaomi, simak pula artikel lainnya mengenai Cara Ganti DNS di Android Tanpa Aplikasi dan beragam tutorial terbaru lainnya seputar dunia gadget dan teknologi di Indonesia. .Â