3 Cara Ganti DNS di Android Tanpa Aplikasi

Sebenarnya Cara Ganti DNS di Android sendiri sangatlah mudah, ada beberapa cara yang bisa di aplikasikan. Untuk mengganti DNS android kamu bisa melakukanya di menu setting atau pengaturan. Bisa juga menggunakan aplikasi tambahan yang mendukung perubahan DNS.

Domain Name System atau DNS berfungsi untuk daftar Internet. Cara kerja dari Domain Name System itu sendiri adalah untuk mendefinisikan nama domain ke alamat IP. Tanpa adanya DNS nama domain tidak akan bisa di terjemahkan oleh IP.

Dengan adanya DNS kita hanya perlu memasukan nama domain saja ke menu pencarian, tanpa perlu menghafalkan kode IP dari situs tujuan. Dengan alasan inilah DNS memang sangat penting, bahkan digunakan sebagai protokol internet TCP/IP.

Terkadang layanan DNS yang disediakan dari operator maupun jaringan WiFi terkadang di rasa sangat lambat dalam menerjemahkan domain ke alamat IP. Untungnya kita bisa mengganti DNS di HP Android dengan mudah.

Untuk Setting DNS Pribadi di HP Xiaomi juga sebenarnya hampir sama dengan cara ganti DNS di Android. Kamu bisa menggunakan beberapa opsi menarik untuk bisa mengaplikasikan cara tersebut. Caranya cukup mudah untk mengganti DNS di HP Android semua tipe dan merek.

Cara Ganti DNS di Android

Cara Ganti DNS di Android Tanpa AplikasiSeperti yang sudah Projektino ungkapkan sebelumnya, ada beberapa cara untuk mengganti DNS di HP Android. Meskipun setiap HP Android memiliki tipe dan merek yang berbeda, namun untuk mengganti DNS nya sendiri sangatlah mudah dan hampir sama.

Tidak perlu akses ROOT, kamu hanya tinggal memilih akan menggunakan aplikasi tambahan atau via menu pengaturan. Nah berikut ini ada beberapa Cara Ganti DNS di Android yang wajib sekali untuk pengguna ketahui.

1. Gunakan Aplikasi DNS

Cara Ganti DNS di AndroidLangkah pertama adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, seperti yang kita ketahui ada beberapa apliaksi yang mendukung DNS. Dengan menginstal aplikasi ini kamu nantinya sudah bisa mengganti DNS internet di hp android.

Cara ini di klaim menjadi cara yang paling mudah untuk bisa merubah DNS di HP Android. Pengguna cukup menginstal aplikasi saja lalu bisa dengan mudah mengubah DNS di ponsel Android mereka.

  1. Silahkan download aplikasi 1.1.1.1 di Playstore
  2. Saat akan mengaktifkan DNS silahkan buka aplikasi
  3. Beri akses izin aplikasi
  4. Lanjutkan tap Toggle utama di home page aplikasi
  5. Maka dengan otomatis DNS akan otomatis aktif

Setelah di aktifkan maka dengan otomatis DNS pribadi di Hp android akan otomatis aktif. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga bisa membuka berbagai situs atau laman yang diblokir oleh provider.

2. DNS Pribadi Via Pengaturan

Selanjutnya kamu juga bisa mengatur DNS pribadi via menu pengaturan. Semua HP Android sudah dibekali dengan fitur untuk mengubah DNS pribadi pada ponsel android mereka. Kamu juga sudah bisa mengatur nya sendiri via menu setting.

Fitur ini memang jarang digunakan oleh pengguna HP Android, namun fitur ini cukup penting saat koneksi internet dalam ponsel kita terbatas. Nah, untuk mengaturnya sendiri bisa mengikuti langkah yang mudah seperti berikut ini.

  1. Pertama, silahkan buka menu Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu Koneksi
  3. lalu dilanjutkan klik Pengaturan Koneksi Lainnya
  4. Kemudian klik menu DNS Pribadi atau Private DNScara setting private dns Android
  5. Berikutnya atur bagian nama host penyedia DNS Pribadicara setting dns pribadi Android
  6. Silahkan masukan salah satu host DNS Pribadi di atas. Sebagai contoh kami menggunakan dns.adguard.com
  7. Setelah itu klik Simpan

Cara Setting DNS di Android 10 diatas bisa juga di aplikasikan untuk semua ponsel android, baik HP Samsung, Vivo, Oppo dan lainnya bisa menggunakan cara diatas. Perhatikan juga setiap langkah yang bisa kamu lakukan diatas agar bisa mengatur settingan dengan benar.

3. Setting DNS Pribadi di HP Xiaomi

Bagi kamu pengguna HP Xiaomi wajib tahu nih bagaimana cara untuk Ganti DNS di Android tanpa Aplikasi. MI Fans pengguna setiap Xiaomi pastinya suatu saat akan menggunakan fitur DNS Pribadi untuk mengakses cara yang satu ini.

DNS pribadi pada HP Xiaomi sendiri bisa di atur pada menu pengaturan dan setting untuk mengubahnya. Nah, suatu saat pengguna HP Xiaomi pasti akan membuatuhkan fitur ini, mekanisme menaksifkannya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke Settings atau Setelan yang ada di hp Xiaomi
  2. Berikutnya pilih menu Koneksi & BerbagiCara Setting DNS Pribadi Xiaomi
  3. Setelah itu pilih menu DSN PribadiCara Menggunakan DNS Pribadi Xiaomi
  4. Kemudian anda pilih menu Nama Host Penyedia DNS Pribadi
  5. Lalu masukan salah satu hostname di atas. Sebagai contoh kami akan memasukan dns.google.com. Kemudian klik Simpan
  6. Jika sudah maka fitur DNS Pribadi akan langsung aktif

Kamu pengguna HP Xiaomi dengan MIUI lama maupun baru bisa juga menggunakan cara diatas untuk mengatur DNS. Menu DNS Pribadi di HP Xiaomi sendiri sudah di siapkan kusus pihak Xiaomi agar pengguna bisa mengatur koneksi internet di ponsel mereka dengan bebas.

KESIMPULAN

Nah, itu dia beberapa car ayang mungkin bisa kamu pilih saat hendak mengatur DNS Pribadi di HP Android tanpa Aplikasi. Dimana semua cara diatas bisa di aplikasikan dengan mudah dan simple baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi sekalipun.

Pengguna HP Android bisa memastikan lagi kalau semua cara yang ada di ponsel mereka bisa membuat ponsel mengatur DNS sesuka hati. Simak juga tutorial menggenai “Cara Blokir Nomor Tidak dikenal di HP Xiaomi” seperti ulasan sebelumnya dari Projektino.