7 Penyebab dan Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

Banyak hp Xiaomi mengalami ghost touch. Penyebabnya bermacam-macam. Jika mengalaminya maka layar akan bergerak sendiri, tanpa disentuh. Tentu hal ini sangat menggangu sehingga perlu segera diatas agar smartphone kembali normal. Lalu bagaimanakah cara mengatasi ghost touch di hp Xiaomi?

Cara mengatasi permasalahan ini tergantung penyebabnya. Sering kali disebabkan oleh kerusakan pada LCD yang membuat layar perlu diganti. Penggantian LCD tentu tidak murah. Terlebih untuk smartphone Xiaomi dikelas menengah ke atas yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Sebelum memutuskan ganti LCD, lebih baik mencoba cara lainnya. Bisa saja disebabkan oleh permasalahan teknis yang bisa diatasi tanpa perlu ganti LCD. Penggantian LCD menjadi opsi terakhir apabila sudah mencoba semua cara mengatasi layar ghost touch Xiaomi dan tidak ada yang berhasil.

Bagi yang hobi bermain game, pasti sangat terganggu dengan adanya ghost touch. Sebab layar akan bergerak sendiri tanpa disentuh. Nah agar masalah tersebut tidak berlarut-larut, silahkan mencoba cara mengatasinya dengan mengikuti tutorial projektino.com di bawah ini.

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

1. Lepas Screen Guard

Ghost Touch bisa disebabkan oleh screen guard yang sudah tidak bisa merespon sentuhan dengan baik. Kami sarankan untuk terlebih dahulu melepasnya, dan lihat apakah masih terjadi ghost touch atau tidak.

Apabila setelah dilepas dan layar kembali normal maka anda bisa memutuskan untuk membeli screen guard yang baru. Anda bisa memilih menggunakan tempered glass, hydrogel, ataupun screen guard biasa.

Agar lebih responsif, kami sarankan mengunakan hydrogel. Namun kekuatannya dibawah Tempered Glass sehingga layar rawan pecah ataupun retak ketika terjatuh.

2. Update OS

Bug pada sistem operasi bisa menjadi salah satu penyebab ghost touch pada layar hp Xiaomi. Untuk mengatasinya maka harus melakukan update ke MIUI versi terbaru. Biasanya Xiaomi akan langsung memberikan update apabila ada bug yang menggangu performa hp Xiaomi.

Anda bisa mengecek, apakah ada update terbaru atau tidak. Caranya dengan masuk ke menu Setelan > Tentang Ponsel > Versi MIUI. Setelah itu akan dilakukan pengecekan, apakah ada upate terbaru atau tidak.

Jangan ragu melakukan update apabila ada pembaruan yang diberikan. Saat melakukan update, pastikan kapasitas baterai di atas 70% untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bersihkan Layar

Cara Mengatasi Layar Hp Xiaomi Ghost Touch

Layar kotor karena debu juga bisa menjadi penyebab ghost touch. Silahkan anda mencoba membersihkan layar dengan kain microfiber atau kain yang halus. Lakukanlah secara hati-hati agar layar tidak tergores.

Setelah layar bersih dari kotoran, lalu cek apakah masih terjadi ghost touch atau tidak. Jika masih, maka berarti bukan disebabkan oleh layar yang kotor.

4. Restart

Terkadang restart menjadi opsi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan pada smartphone. Oleh karena itulah kami sarankan untuk terlebih dahulu melakukan restart. Siapa tau ada aplikasi yang bermasalah sehingga menyebabkan layar ghost touch.

Tentu anda sudah mengetahui cara melakukan restart. Anda cukup menekan tombol power beberapa detik, lalu tekan tombol mulai ulang. Setelah itu tinggal mengecek apakah masih terjadi ghost touch, atau sudah normal.

5. Factory Reset

Cara mengatasi ghost touch Xiaomi selanjutnya adalah melakukan factory reset untuk mengembalikan pengaturan hp Xiaomi ke setelan pabrik. Caranya sangat mudah, anda bisa menyimaknya pada artikel berikut “Cara Reset Hp Xiaomi“.

Sebelum melakukannya, kami sarankan untuk terlebih dahulu membackup semua file-file penting. Sebab factory reset akan menghapus semua file yang tersimpan di memori internal, baik foto, video, aplikasi, ataupun game.

6. Ganti LCD

Semua penyebab layar Xiaomi ghost touch di atas disebabkan oleh permasalahan teknis. Nah apabila semua cara sudah dicoba dan tidak ada berhasil maka kemungkinan terjadi kerusakan pada LCD yang mengharuskan penggantian LCD.

Penggunaan LCD non-ori juga bisa menyebabkan layar ghost touch. Lebih baik membeli yang ori, meski harganya lebih mahal. Anda bisa membelinya di service center resmi Xiaomi ataupun tempat terpercaya lainnya.

7. Klaim Garansi

Layar ghost touch memang sangat menggangu sehingga harus segera di atas. Bagi yang sebelum membelinya hp Xiaomi refurbish besar kemungkinan akan mengalami masalah tersebut. Sebab rata-rata hp Xiaomi refurbish menggunakan layar non-ori sehingga harganya jauh lebih murah.

Namun bagi yang membeli hp Xiaomi baru dengan garansi resmi Indonesia maka jangan ragu untuk mengajukan klaim garansi. Selama kerusakan bukan faktor human error, maka perbaikan bisa dilakukan secara gratis. Namun sebelum itu pastikan masa garansi masih berlaku.

Untuk mengecek garansi masih berlaku atau tidak, silahkan simak tutorial berikut “Cara Cek Garansi Hp Xiaomi“.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ghost touch pada layar hp Xiaomi. Bagi yang mengalaminya silahkan mencoba tips yang kami sampaikan di atas. Setelah masalah ini berhasil di atasi maka anda bisa menggunakan smartphone secara normal untuk bermain game, browsing, streaming, ataupun aktivitas lainnya.

Semoga dengan mengikuti tutorial di atas, masalah ghost touch bisa segera di atasi. Selain ghost touch, masih ada berbagai permasalahan lainnya yang bisa terjadi pada layar hp Xiaomi. Untuk mengetahui cara mengeceknya, silahkan simak artikel “Cara Cek Layar Xiaomi“.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula beragam artikel lainnya seputar dunia teknologi dan gadget di Indonesia. Salah satunya adalah artikel mengenai  Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Xiaomi dan beragam artikel lainnya.