4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 11 dan 10

Bagi yang berencana membeli laptop, alangkah baiknya terlebih dahulu mengecek spesifikasinya. Sebab, spesifikasi laptop sangat berpengaruh terhadap performa. Semakin tinggi, tentu semakin powerful. Terlebih bagi yang berencana membeli laptop untuk kebutuhan gaming ataupun editing.

Laptop gaming wajib memiliki spesifikasi tinggi agar bisa menjalankan game dengan lancar. Oleh karena itulah jangan asal membeli laptop karena harus disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu bagaimanakah cara cek spesifikasi laptop?

Cara mengeceknya cukup mudah. Kalian bisa melakukannya tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Namun informasi yang ditampilkan akan terbatas. Agar bisa mengecek spesifikasi laptop secara lengkap dan akurat, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan. Rata-rata tersedia secara gratis. Kalian tinggal mendownloadnya, lalu menginstalnya. Nah untuk mengetahui nama aplikasi dan cara menggunakannya, silahkan simak tutorial cara cek spesifikasi laptop pada artikel projektino.com berikut ini.

Cara Cek Spesifikasi Laptop

Aplikasi Cek Spesifikasi Laptop

1. CPU-Z

Bagi yang ingin mengecek spesifikasi laptop secara lengkap dan akurat, kami sarankan untuk mendownload aplikasi CPU-Z. Aplikasi tersebut bisa anda download secara gratis dan bisa bisa berjalan di semua merek laptop seperti Asus, Acer, Lenovo, Dell, HP, dan masih banyak lagi lainnya.

CPU-Z akan menampilkan informasi spesifikasi sangat lengkap. Melalui aplikasi tersebut, kalian bisa mengetahui jenis processor, kapasitas Ram, tipe VGA, dan beragam spesifikasi lainnya. Cara cek spesifikasi laptop melalui CPU-Z juga sangat mudah.

Silahkan kalian terlebih dahulu mendownload aplikasi tersebut di situs resmi www.cpuid.com. Lalu instal aplikasi yang sudah didownload. Setelah itu tinggal membuka aplikasi CPU-Z untuk mengecek spesifikasi laptop.

Aplikasi CPU-Z akan menampilkan beberapa tab yang terdiri dari CPU, Mainboard, SPD, Graphics, dan Bench. Untuk mengecek jenis processor dan kecepatannya, silahkan lihat pada bagian CPU. Lalu untuk tipe motherboard pada bagian Mainboard. Sedangkan VGA pada bagian Graphics.

2. GPU-Z

VGA atau GPU beperan penting terhadap performa laptop ketika dipakai bermain game ataupun editing video. Nah untuk mendapatkan informasi spesifikasi VGA secara lengkap, kami sarankan untuk menginstal aplikasi GPU-Z. Sama halnya dengan CPU-Z, aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis.

GPU-Z bisa didownlad disitus resmi www.techpowerup.com. Aplikasi cek spesifikasi VGA laptop ini pasti sangat berguna bagi yang membeli laptop untuk kebutuhan bermain game ataupun aplikasi lainnya yang membutuhkan kinerja grafis tinggi.

Melalui GPU-Z kita bisa mengecek tipe VGA, merk, bandwith, sensor, daya listrik, dan berbagai spesifikasi lainnya yang berhubungan dengan kartu gratifis. Cara memakainya juga sangat mudah, kalian tinggal mendownloadnya, lalu buka secara langsung tanpa perlu repot-repot menginstalnya.

3. DxDiag

Cara Mengecek Spesfiikasi Laptop

Windows juga menyediakan fitur untuk mengecek spesifikasi laptop. Kalian bisa mengeceknya melalui fitur Dxdiag (DirectX Diagnostic Tool). Fitur bawaan tersebut berfungsi untuk mendiagnosis hardware yang ada di laptop sehingga kita bisa mengetahui spesifikasi laptop secara detail.

Ada beragam spesifikasi yang bisa diketahui melalui fitur tersebut seperti jenis prosesir, kapaitas memori ram, tipe VGA, resolusi layar, dan masih banyak lagi lainnya. Nah bagi yang belum mengetahui cara menggunakan DXdiag silahkan simak caranya berikut ini.

  1. Silahkan klik tombol Windows
  2. Lalu ketikan Dxdiag pada kolom pencarian
  3. Setelah itu tinggal membuka DXdiag untuk mengecek spesifikasi laptop

4. File Explorer

Cara Mengetahui Spek Laptop

Cara cek spesifikasi laptop selanjutnya adalah melalui menu properties pada File Explorer. Namun informasi yang ditampilkan akan terbatas karena hanya bisa mengetahui jenis processor, kapasitas Ram, serta sistem operasi yang digunakan.

Meksi informasi yang ditampilkan tidak lengkap, namun hal tersebut tak jadi masalah. Pasalnya fitur ini bisa diakses secara langsung tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Informasi yang ditampilkan juga akurat 100%. Adapun cara membukanya silahkan simak berikut ini.

  1. Pertama silahkan buka File Explorer
  2. Kemudian klik kanan pada bagian This PC
  3. Lalu pilih Properties
  4. Setelah itu akan muncul informasi spesifikasi laptop

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat di atas, cara cek spesifikasi laptop sangatlah mudah. Silahkan kalian mencobanya sendiri agar mengetahui spesifikasi laptop yang dimiliki atau yang baru akan dibeli. Pastkan spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan sehingga anda nyaman memakainya.

Cukup sekian tutorial singkat yang kami sampaikan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang belum mengetahui cara cek spesifikasi laptop secara mudah dan cepat. Simak pula artikel lainnya mengenai Cara Mengukur Jarak di Google Maps di Android dan beragam artikel lainnya.Â