Spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G : Harga, Kelebihan & Kekurangan

Pada bulan November yang lalu, Xiaomi pernah meluncurkan Poco M4 Pro 5G dengan chipset Dimensity 810 dari Mediatek. Smartphone tersebut cukup sukses karena menawarkan harga terjangkau dengan dukungan spesifikasi kelas atas. Tak cukup dengan itu, Xiaomi kembali lagi meluncurkan seri terbaru bernama Poco M4 5G. Lalu bagaimana spesifikasi yang dimiliki Xiaomi Poco M4 5G?

Meskipun spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G masih di bawah Poco M4 Pro 5G, namun spesifikasinya tidak kalah keren. Smartphone ini sama-sama menggunakan chipset buatan Mediatek yang terbukti cukup handal untuk mengakomodir berbagai kebutuhan mobile penggunanya.

Xiaomi memilih chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 sebagai dapur pacu Poco M4 5G. Mungkin banyak pecinta gadget yang meragukan performa chipset dari Mediatek. Namun menurut kami sudah lebih dari cukup, mengingat harga Xiaomi Poco M4 5G cukup terjangkau.

Ponsel ini bisa menjadi alternatif bagi yang mencari smartphone 5G murah meriah. Teknologi 5G menjadi kelebihan utama smartphone yang satu ini. Dengan teknologi tersebut, pengguna Poco M4 5G bisa mengakses internet dengan sangat cepat.

Teknologi 5G memiliki kecepatan hingga 7 kali lipat dibanding jaringan 4G. Sayang jaringan 5G belum meratas diseluruh Indonesia. Namun kami yakin dalam waktu 2-3 tahun kedepan semakin banyak daerah yang bisa menikmati jaringan 5G dari berbagai operator seluler di Indonesia.

Saat ini semakin banyak smartphone murah yang mengadopsi teknologi 5G. Tentu hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi Xiaomi dan berbagai produsen smartphone lain untuk menghadirkan smartphone 5G terbaik dengan harga terjangkau.

Poco M4 5G menjadi bukti bahwa Xiaomi tidak ingin kalah dalam persaingan menghadirkan smartphone 5G murah. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui semua kelebihan, kekurangan, harga, dan spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G silahkan simak review projektino.com berikut ini.

Review Spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G

Review Spesifikasi Xiaomi Poco M4

1. Desain dan Layar

Poco M4 5G dibalut bodi berbahan plastik dengan ketebalan 8.9 mm dan bobot 200 gram. Yah, bentuknya memang tidak bisa dikatakan tipis karena dibalik bodinya telah tertanam baterai berkapasitas cukup besar. Selain itu, ponsel ini memiliki bentang layar cukup luas, yakni 6.58 inci.

Layar yang digunakan masih IPS. Meskipun belum AMOLED, namun layarnya sudah Full HD 1080 x 2400 pixels dan dilindungi kaca Corning Gorilla Glass 3 yang membuat ketajaman layar sangat bagus dan mampu menampilkan berbagai konten visual secara jernih.

Xiaomi mengoptimalkan kehebatan Poco M4 5G dengan pelindungan Splash Resitant. Itu artinya ponsel ini bisa bertahan dari cipratan air. Tak hanya itu, Poco M4 5G juga memiliki layar dengan refresh rate 90Hz yang menjadikan pergerakan layar terasa smooth.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi Android 12 dengan MIUI 13 telah tertanam pada hardware ponsel ini. OS tersebut akan memberikan pengalaman mengasyikan dengan banyaknya fitur yang berjubel pada MIUI 13. Kemudian untuk dapur pacunya mengandalkan processor dari Mediatek.

3. Dapur Pacu

MediaTek MT6833 Dimensity 700 dengan fabrikasi 7nm menjadi otak dapur pacu ponsel ini. Chipset tersebut terintegrasi dengan processor Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) yang dibarengi GPU Mali-G57 MC2.

Ada dua varian memori yang tersedia, yakni Ram 4GB + Internal 64GB dan Ram 6GB + Internal 128GB. Kedua varian tersebut sama-sama memiliki slot MicroSD yang bisa digunakan untuk menambah ruang penyimpanan ketika memori internal habis.

4. Fotografi

Untuk bagian fotografi telah tersedia dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50 Megapixel dan Depth Sensor 2 Megapixel. Desain kameranya cukup unik karena dipadukan dengan frame berwarna hitam yang membuat tampilan Poco M4 5G terlihat lebih mewah.

Soal kualitas kamera sudah cukup baik karena didukung lensa beresolusi tinggi. Namun kemampuan merekam videonya hanya sebatas 1080p@30fps. Lalu untuk kamera depan memiliki resolusi 8 Megapixel dengan aperture f/2.2 dan bisa merekam video Full HD.

Sesuai namanya, Poco M4 5G bisa digunakan untuk mengakses jaringan 5G berkecepatan tinggi. Tersedia dua slot kartu SIM yang bisa anda gunakan untuk mengakses jaringan internet dari berbagai operator seluler yang ada di Indonesia.

5. Konektivitas

Fitur WiFi Dual Band, Bluetooth v5.1, Infrared, GPS (A-GPS, Glonass, BDS) dan port USB Type-C tak lupa disematkan pada ponsel ini. Sayang Xiaomi tidak menyertakan fitur NFC. Mungkin hal tersebut dilakukan agar harga Xiaomi Poco M4 5G bisa lebih terjangkau.

6. Sistem Keamanan

Poco M4 5G

Xiaomi juga menyertakan sensor sidik jari. Posisinya di sisi samping bersamaan dengan tombol power. Sensor tersebut sangat penting karena akan mengoptimalkan sistem keamanan Poco M4 5G. Selain itu, tersedia pula fitur Face Unlock memanfaatkan sensor kamera depan.

7. Baterai

Untuk urusan daya baterai memiliki kapasitas sebesar 5.000 mAh. Baterainya cukup besar sehingga daya tahan baterainya sangat irit. Agar baterai bisa terisi cepat, Xiaomi menyertakan fitur Fast Charging 18W yang akan sangat membantu ketika mengisi daya baterai

Berbekal semua spesifikasi Xiaomi Poco M4 5G di atas, berapakah harga yang pantas untuk smartphone yang satu ini? Soal harga tidak perlu khawatir karena harga Poco M4 5G cukup terjangkau dan bisa bersaing melawan smartphone 5G sekelasnya.

8. Harga Xiaomi Poco M4 5G

Harga Xiaomi Poco M4 5G

Untuk saat ini Xiaomi Poco M4 5G hanya tersedia di India. Kemungkinan dalam waktu dekat ini akan dipasarkan di Indonesia dengan harga tidak berbeda jauh. Dimana harga untuk varian Ram 4GB/64GB dibanderol USD$170 atau setara Rp. 2.4 Jutaan.

Untuk varian lebih tinggi, yakni Ram 6GB/128GB dijual dengan harga USD$195 atau setara Rp. 2.8 Jutaan. Harganya tidak berbeda jauh dengan Vivo T1 yang belum lama ini dipasarkan di Indonesia sehingga bisa menjadi alternatif bagi yang bingung memilih hp 5G terbaik.

Kesimpulan

Berbekal teknologi 5G dan berbagai spesifikasi lainnya yang dimiliki Xiaomi Poco M4 5G, ponsel ini siap bersaing melawan smartphone 5G direntang harga 2 Jutaan. Namun sayang Poco M4 5G memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah layar yang masih IPS.

Andai saja sudah AMOLED, tentu jauh lebih sempurna. Segi dapur pacu juga menjadi pertimbangan ketika membeli ponsel ini. Sebab dapur pacu yang digunakan bukan Snapdragon yang sering kali lebih unggul dari segi performa di banding Mediatek.

Silahkan anda putuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Update Android 12 dan berbagai artikel lainnya seputar dunia teknologi dan gadget di Indonesia