10 Cara Klaim Garansi HP Samsung Online Yang Benar

Cara klaim garansi HP Samsung memang perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan perbaikan secara gratis. Meskipun demikian, ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengajukan klaim garansi pada HP Samsung yang rusak. Namun, sebelum mengajukan klaim tersebut pastikan kamu sudah menyiapkan buku garansi HP Samsung.

Yang namanya kerusakan memang terkadang tidak bisa di kendalikan. Namun perlu di ingat kalau kerusakan terjadi karena Human Error (Kesalahan Pengguna) biasanya kamu ga bisa mengajukan kliam garansi.

Jika kerusakan terjadi karena ponsel itu sendiri dalam dalam masa garansi maka kemungkinan besar bisa di lakukan klaim dengan mudah. Sebut Saja baterai HP Samsung Rusak saat di cas maka kamu bisa mengajukan klaim garansi.

Namun ada baiknya jika menghubungi CS Samsung baik online maupun panggilan sebelum mendatangi pihak CS. Saat mendatangi CS pun pastikan kamu memang sudah memiliki semua data yang di siapkan seperti kartu garansi dan nota pembelian jika di butuhkan.

Cara Klaim Garansi HP Samsung

Cara Klaim Garansi HP Samsung Online Yang BenarBiasanya, buku garansi tersebut terdapat dalam dus HP pada saat pembelian. Selain itu, kamu juga harus memenuhi beberapa sayarat dan ketentuan untuk klaim HP Samsung yang wajib di ketahui.

Pastikan HP Samsung yang bermasalah atau rusak bukan karena human eror sehingga kamu bisa melakukan klaim garansi. Buat kamu yang belum tahu caranya, maka silakan simak penjelasan PROJEKTINO.COM dari di bawah ini.

  1. Siapkan KTP
  2. Siapkan alamat kota kamu
  3. Masih dalam masa garansi HP
  4. Nomor PIN pada perangkat yang digunakan
  5. Kerusakan perangkat bukan karena human eror, seperti terkena air, jatuh dan kerusakan lainnya akibat kesalahan pengguna
  6. Perangkat belum pernah dibongkar
  7. Nota pembayaran atau bisa diganti dengan screenshot bukti pembayaran jika pembelian lewat online
  8. Kartu garansi
  9. Kode IMEI perangkat.

Setelah menyiapkan semua syarat dan ketentuan seperti yang sudah disebutkan di atas. Maka langkah berikutnya adalah tinggal mengajukan klaim garansi ke Service Center Samsung.

Pastikan kamu sudah mengetahui tenpat service Center yang ada di daerah kamu. Jika sudah, datangi tempat tersebut kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silakan datang ke Service Center HP Samsung sambil membawa perangkat yang rusak.
  2. Jika sudah, sampaikan maksud kedatangan kamu kepada petugas untuk mengklaim garansi.
  3. Setelah itu, petugas akan menanyakan keluhan apa saja pada perangkat tersebut.
  4. Berikunya, petugas akan memeriksa apakah perangkat tersebut sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan klaim garansi.
  5. Jika sudah, selanjutnya tinggal melakukan tandatangan kesepakatan bahwa siap kehilangan semua data yang ada pada perangkat tersebut.
  6. Apabila kerusakan bukan disebabkan karena human eror dan HP tersebut masih dalam masa garansi, maka akan segera di service.
  7. HP bisa diambil beberapa jam setelah selesai atau keesokan harinya tergantung tingkat kerusakannya.
  8. Selesai.

Perlu kamu ketahui, klaim garansi ini tidak dikenakan biaya sedikitpun asalkan HP Samsung tersebut masih dalam masa garansi. Selain itu, kerusakannya juga bukan karena kesalahan pengguna karena garansi tersebut masih dalam tanggung jawab pihak Samsung.

Cara Cek Garansi HP Samsung

Cara Klaim Garansi HP SamsungBuat kamu yang belum tahu cara cek HP Samsung, maka bisa simak penjelasan di bawah ini. Cek garansi HP Samsung memang perlu dilakukan sebelum mengajukan klaim garansi.

Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui bahwa HP Samsung milikmu masih dalam masa garansi atau tidak. Adapun cara-caranya, silakan simak selengkapnya seperti berikut.

1. Melalui Website Resmi HP Samsung

Cara yang pertama untuk mengecek garansi HP Samsung adalah melalui website resmi HP Samsung. Namun sebelum masuk ke website tersebut, pastikan kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada HP Samsung yang digunakan.

Caranya bisa dengan menggunakan kode dial seperti, *#06# yang diketik melalui menu telepon kemudian panggil. Nah, setelah berhasil mendapatkan nomor IMEI maka tinggal masuk ke website resmi HP Samsung dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Silakan masuk ke website resmi HP Samsung
  2. Setelah itu lakukan login agar bisa masuk ke laman tersebut
  3. Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya silakan masukkan nomor IMEI HP Samsung kamu
  4. Kemudian tunggu hingga muncul spesifikasi secara detail dari HP kamu
  5. Setelah itu, carilah menu “WARRANTY via SN” lalu masukkan kembali nomor IMEI tadi
  6. Jika sudah, silakan pilih “Check Samsung Phone Detile” dan tunggu hingga prosesnya selesai
  7. Setelah selesai, carilah menu “Factory Warranty Till

Jika sudah memilih menu tersebut, maka kamu akan menemukan tanggal akhir dari masa garansi Samsung yang digunakan.

2. Melalui Customer Service Resmi Samsung

Buat kamu yang dekat dengan tempat service center Samsung, maka kamu bisa langsung datang ke tempat tersebut. Sebelum datang ke tempat service center Samsung, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa syarat yang dibutuhkan.

Adapun syarat tersebut yaitu, Kartu garansi, KTP, Nota pembelian dan HP Samsung untuk proses pengecekkan. Setelah semuanya dilengkapi, selanjutnya tinggal datang ke tempat service center Samsung untuk melakukan cek masa garansi pada Samsung milikmu.

3. Menggunakan Kode Rahasia

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengetahui garansi Samsung. Meskipun mudah, namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya sehingga masih menggunakan cara lama untuk mengetahui masa garansi HP tersebut.

Penasaran bagaimana caranya? Silakan simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui masa garansi Samsung menggunakan kode rahasia. Berikut langkah-langkahnya.

  1.  Pertama, buka HP Samsung milikmu kemudian masuk ke menu “Telepon
  2. Setelah itu, silakan ketik kode #12580369# kemudian panggil
  3. Jika sudah, tunggulah hingga muncul informasi secara detail
  4. Setelah informasi tersebut muncul, maka silakan lihat pada bagian “RF CAL

Nah, itulah langkah-langkah untuk mengetahui masa garansi HP Samsung menggunakan kode rahasia. Setelah melihat pada bagian “RF CAL” di situ sudah tertera informasi mengenai tahun produksi Samsung, sehingga kamu bisa mengetahui masa berlaku garansi dari HP yang digunakan.

KESIMPULAN

Demikian pembahasan dari Droidpedia tentang cara klaim garansi HP Samsung yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui langkah-langkahnya, maka kamu bisa mengklaim masa garansi jika HP Samsung kamu bermasalah bukan karena kesalah kamu.

Jika klaim garansi berhasil, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan alias gratis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Cara Split Screen Xiaomi” pada ulasan sebelummya dari projektino.