3 Cara Membersihkan Cache di iPhone Semua Tipe

Mungkin istilah cache sudah tidak asing lagi di telinga kita karena setiap hari kita pasti menjumpainya. Cache merupakan suatu file sampah yang terdapat di dalam perangkat setiap kita melakukan aktivitas pada perangkat yang digunakan.

Salah satunya adalah pada iPhone, bagi pengguna iPhone harus sering membersihkan cache tersebut agar tidak menyebabkan masalah serius pada iPhone-nya. Untuk itu, kali ini Cicilan.id akan membahas tantang bagaimana cara membersihkan cache di iPhone yang perlu kamu ketahui selengkapnya.

Cara membersihkan cache pada iPhone sebenarnya mudah untuk dilakukan. Cara tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara, bahkan tanpa harus menggunakan bantuan pihak ketiga seperti menggunakan tambahan aplikasi ataupun lainnya.

Sedikit berbeda dengan Menghapus Cache di HP Android yang bisa dengan mudh di lakukan. Untuk pengguna IOS juga bisa di lakukan dengan mudah hanya saja pengguna baru mungkin masih sedikit kebingungan menggenai mekanismenya.

Meskipun mudah, namun terkadang banyak pengguna yang malas untuk membersihkan file cache tersebut. Padahal jika tidak dibersihkan bisa menyebabkan memori penuh, bahkan bisa menyebabkan perangkat tersebut menjadi nge-hang.

Cara Membersihkan Cache di iPhone

Cara Membersihkan Cache di iPhone Semua TipeJika terjadi demikian, kamu harus reset ke pegaturan pabrik agar perangkat iPhone bisa digunakan kembali. Apabila belum bisa diatasi, kamu harus membawanya ke tempat service HP dan biasanya harus mengeluarkan banyak uang.

Bagi yang tidak ingin hal itu terjadi, maka lakukan pembersihan cache secara rutin atau ketika kinerja perangkat sudah mulai menurun. Nah, di bawah ini ada beberapa cara PROJEKTINO yang bisa kamu lakukan agar cache pada iPhone kamu bisa dibersihkan.

1. Muat Ulang Perangkat

Cara Membersihkan Cache di iPhoneCara pertama ini merupakan cara yang paling mudah karena tidak memerlukan langkah-langkah yang ribet. Namun, cara ini hanya akan menghapus data sementara yang sifatnya lebih ringan, seperti program yang berjalan pada latar belakang perangkat.

Adapun cache yang berisi aktivitas penggunaan aplikasi dan juga situs web akan tetap ada. Untuk memuat ulang perangkat, ada perbedaan cara melakukannya karena hal tersebut tergantung pada seri iPhone yang digunakan.

  • Cara memuat ulang iPhone seri Face ID, caranya adalah dengan tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan. Setelah itu, pilih “Geser-matikan“.
    Jika sudah, selanjutnya tinggal tekan dan tahan tombol “Power” hingga muncul logo Apple dan perangkat iPhone kamu sudah berhasil dimuat ulang.
  • Memuat ulang pada iPhone seri Touch ID, cara memuatnya lebih mudah dari seri sebelumnya karena kamu cukup menahan tombol “Power” kemudian “Geser-matikan“. Jika sudah, nyalakan kembali dengan menekan tomol “Power” lalu tahan hingga muncul logo Apple.

Itulah cara memuat ulang perangkat iPhone sesuai dengan seri-nya masing-masing. Beda versi sistem operasi pastinya akan berbeda juga letak opsinya, sehingga bisa disesuaikan dengan versi iPhone yang digunakan.

2. Melalui Browser Safari

PROJEKTINOCara selanjutnya yaitu, melalui browser Safari. Browser Safari merupakan salah satu browser bawaan iPhone yang memiliki user interface cukup menarik dan terbilang cukup populer.

ini juga termasuk cara yang paling mudah untuk menghapus cache yang ada pada iPhone kamu. Namun, sebelumnya kamu harus menghapus cache pada aplikasi Safari terlebih dahulu dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka iPhone kamu kemudian pilih menu “Settings“.
  2. Jika sudah, silakan scroll ke bawah hingga menemukan aplikasi “Safari“.
  3. Kemudian di bawah tab “Privacy & Security” yang terdapat di aplikasi Safari, silakan pilih “Clear History & Website Data“.
  4. Setelah itu, nantinya akan muncul pop-up lalu pilih “Clear History & Data“.
  5. Selesai dan penghapusan cache di aplikasi Safari akan segera diproses.

Jika semua cache dalam aplikasi Safari sudah terhapus, maka memori internal pada perangkat iPhone pun akan bertambah karena tidak ada file cache yang menumpuk.

3. Melalui File Data Aplikasi

Membersihkan Cache di AppleSetelah berhasil membersihkan cache pada aplikasi Safari, selanjutnya tinggal menghapus cache pada aplikasi iPhone. Dengan cara ini, file cache yang terdapat pada aplikasi akan terhapus dan nantinya memori internal pada perangkat iPhone akan bertambah.

Adapun langkah-langkah untuk membersihkan cache pada aplikasi iPhone adalah sebagai berikut.

  1. Silakan buka menu “Settings” di iPhone kamu.
  2. Setelah itu, pilihlah menu “General“.
  3. Kemudian pilih “iPhone Storage“.
  4. Jika sudah, nantinya akan muncul berbagai macam aplikasi yang sudah diinstal lengkap dengan informasinya.
  5. Silakan pilih aplikasi yang menurut kamu memakan banyak ruang penyimpanan.
  6. Setelah dipilih, silakan tap pada bagian “Offload App“.
  7. Kemudian akan muncul laman pop-up dan kamu bisa langsung pilih “Offload App” untuk menghapus cache pada aplikasi yang kamu pilih.

Dengan cara ini secara otomatis akan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Meskipun aplikasinya sudah terhapus, data yang ada pada aplikasi tersebut masih tersimpan dalam penyimpanan perangkat.

Sehingga jika aplikasi tersebut dipasang lagi, maka kamu bisa menggunakannya kembali seperti sebelumnya.

Akhir Kata

Demikian Tutorial tentang cara membersihkan cache di iPhone yang perlu kamu ketahui. Dengan adanya cara-cara yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan cara yang menurut kamu paling mudah agar pembersihan cache bisa berhasil.

Jika sudah berhasil membersihkan cache tersebut, maka memori internal pada iPhone yang kamu gunakan akan bertambah sehingga kinerja iPhone kamu akan lebih maksimal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Kelebihan dan Kekurangan Samsung A73 5G” pada ulasan sebelumnya dari Projektino.