6 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10C : Spesifikasi & Harga

Setiap tahun Xiaomi selalu merilis smartphone dengan harga terjangkau. Nah ditahun ini mereka akan meluncurkan Redmi 10C yang akan bersaing di segmen entry-level dengan harga sangat terjangkau. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Xiaomi Redmi 10C?

Ada banyak sekali kelebihan ponsel yang satu ini. Salah satunya adalah dapur pacu yang diotaki chipset dari Qualcomm dengan processor 6nm yang powerfull dan hemat baterai. Selain itu, tersedia pula kamera beresolusi tinggi yang akan mengakomodir kebutuhan fotografi.

Dibalik kelebihan, tentu ada kekurangan. Nah salah satu kekurangan Redmi 10C adalah layar yang beresolusi HD. Resolusinya kurang tinggi untuk smartphone masa kini yang biasanya digunakan untuk menikmati beragam konten multimedia.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun kami yakin ponsel ini tetap bisa menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia yang mencari smartphone dengan harga terjangkau. Namun sayang Redmi 10C belum mengadopsi teknologi 5G yang menjadi standar baru di industri smartphone.

Jaringan yang digunakan hanya support 4G. Untungnya jaringan 5G di Indonesia belum merata sehingga kekurangan tersebut dapat dimaklumi. Di sisi lain, ponsel ini juga hadir membawa baterai besar yang didukung fitur Fast Charging agar bisa terisi dengan cepat.

Masih banyak hal menarik lainnya yang wajib anda ketahui sebelum membeli Redmi 10C. Nah untuk mengetahuinya, silahkan simak review kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10C pada artikel projektino.com berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10C

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 10C

1. Layar Cuma HD

Layar berukuran 6.71 inci terpampang pada bagian depan Redmi 10C. Layar tersebut cukup besar, namun sayang tidak diimbangi dengan resolusi yang sesuai. Seharusnya ponsel ini menggunakan layar beresolusi Full HD agar layar lebih terlihat tajam dan jernih.

Pengguna Redmi 10C harus puas dengan layar HD 720 x 1600 pixels yang memiliki kerapatan 261 ppi. Panel yang digunakan masih IPS sehingga ketajaman layarnya tergolong standar. Bagi yang terbiasa menggunakan hp berlayar Full HD pasti akan kecewa dengan kualitas layar ponsel ini.

2. Ditenagai Snapdragon 680 4G

Tak dipungkiri, layar merupakan kekuragan utama Redmi 10C. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Xiaomi membekali ponsel ini dengan processor Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 6nm. Processor tersebut juga memiliki 8 inti core yang powerfull.

Diatas kertas, Redmi 10C menggunakan processor yang memiliki kecepatan Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver) dan dibarengi GPU Adreno 610. Tak ketinggalan slot microSD juga tersedia untuk menambah ruang penyimpanan yang terdiri dari 64GB dan 128GB.

Yah, ada dua varian memori yang disediakan Xiaomi. Keduanya sama-sama dibekali Ram berkapasitas 4GB yang menjamin performa multitasking mulus dan lancar. Kemudian untuk bagian software berjalan pada OS Android 11 dengan antarmuka MIUI 13.

3. Dibekali Kamera 50 Megapixel

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 10C

Kamera beresolusi tinggi memang bukan jaminan sebuah smartphone memiliki kualitas foto dan video yang bagus. Redmi 10C sendiri dibekali kamera beresolusi 50 Megapixel yang menjamin hasil foto dan video berkualitas.

Hasil rekaman videonya hanya mencapai Full HD 1080p@30fps. Menurut kami sudah lebih dari cukup, mengingat harga Xiaomi Redmi 10C yang cukup terjangkau. Selain itu, tersedia pula kamera depan beresolusi tinggi dengan model notch ditengah-tengah layar.

4. Masih 4G LTE

Teknologi 5G sudah dimiliki beberapa tipe smartphone Xiaomi, terutama yang dipasarkan untuk mengisi segmen menengah ke atas. Sedangkan untuk Redmi 10C masih menggunakan teknologi 4G yang sebenarnya masih sangat cepat ketika dipakai streaming maupun mendownload.

Tersedia pula dua slot kartu SD dan beberapa fitur konektivitas lainnya seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan port USB Type-C.

5. Baterai 5.000 mAh

Kemudian untuk urusan daya baterai dibekali baterai berkasitas cukup besar, yakni sebesar 5.000 mAh. Dengan daya sebesar itu maka smartphone ini bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Tak hanya itu, Xiaomi juga membekalinya dengan fitur Fast Charging 18W.

6. Harga Xiaomi Redmi 10C

Harga Xiaomi Redmi 10C

Selanjutnya mari kita membahas mengenai harga. Untuk saat ini belum ada informasi resmi terkait tanggal perilisan ataupun harga resmi Xiaomi Redmi 10C di Indonesia. Jika melihat spesifikasinya, seharusnya ponsel ini dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp. 1-2 Jutaan.

Harga 1 Jutaan lebih pantas untuk ponsel ini. Sebab layarnya masih HD yang otomatis menjadi kekurangan utama Redmi 10C. Padahal di kelas entry-level Xiaomi memiliki Redmi 10 yang notabennya sudah menggunakan layar Full HD dengan refresh rate 90Hz.

Kesimpulan

Berbekal semua kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10C di atas, apakah smartphone ini layak dibeli? Layak atau tidaknya tergantung dari penilaian kalian. Kami sendiri kurang puas dengan kualitas layarnya yang terasa jelek karena masih HD.

Untungnya kekurangan pada layar tertutupi oleh pemakaian processor yang cukup bertenaga dan baterai besar sehingga ponsel ini tetap mumpuni saat dipakai bermain game. Nah bagi yang tertarik membelinya harus bersabar karena ponsel ini belum dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Cukup sekian ulasan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 10C pada artikel projektino.com kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai  Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Yang Tiba-tiba Muncul dan beragam artikel menarik lainnya.