10 Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A : Spesifikasi & Harga

Realme membangun citra sebagai brand smartphone murah. Oleh karena itulah mereka telah meluncurkan beragam tipe smartphone murah meriah. Salah satunya adalah Realme Narzo 50A. Bagi yang penasaran dengan smartphone tersebut, silahkan simak review kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A berikut ini.

Realme Narzo 50A tersedia dalam dua versi, yakni Ram 4GB/64GB dan Ram 4GB/128GB. Keduanya dibanderol dengan harga sangat terjangkau dan memiliki beberapa fitur andalan yang membuatnya layak menjadi salah satu smartphone entry-level terbaik di Indonesia.

Salah satu fitur andalan Realme Narzo 50A adalah baterai berkapasitas super besar yang membuat daya tahan baterai super-duper irit. Fitur lainnya juga tak kalah menarik, seperti fast charging, kamera beresolusi tinggi, triple kamera, dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan semua fitur yang tersedia, maka tepat jika memilih Realme Narzo 50a. Namun sebelum membeli ponsel ini, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A. Oleh karena itulah silahkan simak review projektino.com berikut ini.

Review Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A

Baterai Realme Narzo 50A

1. Baterai 6000 mAh

Mari kita bahas satu persatu kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50A. Kelebihan yang pertama adalah memiliki baterai berkapasitas 6.000 mAh. Dengan baterai sebesar itu maka anda tidak perlu khawatir kekurangan daya karena semua kebutuhan daya bisa terpenuhi seharian penuh.

Realme Narzo 50A diklaim mampu memutar video Youtube selama 27 jam non-stop dan bertahan selama 8 jam ketika dipakai bermain game. Daya tahan baterainya memang luar biasa, lalu bagaimana dengan kemampuan chargingnya? Untuk urusan charging sudah ada teknologi Quick Charge 18W yang bisa mengisi baterai 6.000 mAh dalam waktu singkat.

2. 50 MP AI Triple Camera

Kamera Realme Narzo 50A

Meskipun harga Realme Narzo 50A tergolong murah, namun smartphone ini tetap didukung kamera beresolusi tinggi. Dimana kamera utamanya memiliki resolusi 50 Megapixel yang siap mengabadikan semua momen indah dalam kejernihan tinggi. Selain itu, tersedia pula lensa Macro 2 Megapixel untuk menangkap foto dari dekat.

Masih ada satu lagi kamera yang terpasang pada bagian belakang, yakni lensa Potrait yang akan menghasilkan foto bokeh dengan efek dramatis yang luar biasa. Smartphone ini juga memiliki kemampuan Night Mode dan bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p@30/60fps.

3. Kamera Depan 8 MP

Bagi yang hobi selfie dan sudah ada kamera depan 8 Megapixel dengan segudang fitur fotografi di dalamnya. Resolusinya memang tidak terlalu tinggi, namun sudah lebih dari cukup untuk mengabadikan setiap momen dengan hasil foto yang luar biasa. Menariknya, kamera tersebut juga bisa merekam video Full HD.

4. Ditenagai Helio G85

Performa Realme Narzo 50A

Dapur pacu smartphone ini ditenagai processor Mediatek Helio G85 dengan clock speed Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan didukung GPU Mali-G52 MC2. Processor yang digunakan cukup cepat sehingga bisa diandalkan untuk bermain game ataupupun multitasking banyak apliaksi.

Seperti yang kami sampaikan di atas, Realme menyediakan dua varian memori. Untuk yang termurah mengusung Ram 4GB + Internal 64GB. Lalu ada pula versi Ram 4GB + Internal 128GB. Harga keduanya sangat terjangkau dan cocok untuk yang mencari smartphone di segmen entry-level.

5. Android 11

Semua smartphone Realme menggunakan antarmuka bernama Realme UI. Nah untuk Narzo 50A sudah menggunakan Realme UI 2.0 berbasis Android 11 yang memiliki kestabilan sistem lebih bagus dan didukung beragam fitur agar lebih optimal untuk berbagai macam kebutuhan mobile penggunanya.

6. Layar Masih HD

Kekurangan paling fatal dari smartphone ini adalah layarnya masih HD dengan panel IPS yang memiliki kecerahan 570 nits. Layar tersebut memiliki bentang seluas 6.5 inci sehingga kerapatan yang dihasilkan cuma 270 ppi. Andai saja sudah menggunakan layar Full HD pasti ketajaman layarnya jauh lebih baik.

Dari segi bodi juga cukup tebal dengan ketebalan 9.6 mm dan bobot 207 gram. Kemudian pada bagian belakang dibuat berteksture dengan tujuan agar tidak licin saat digenggam. Bezel smartphone ini juga cukup tebal dan masih menggunakan notch untuk meletakan sensor kamera depan.

7. Masih 4G

Jangan harap smartphone ini dilengkapi teknologi 5G. Harga yang murah membatasi hal tersebut. Alhasil kita hanya bisa mengandalkan Realme Narzo 50A untuk mengakses jaringan 4G LTE ataupun menggunakan WiFi yang didukung teknologi Dual Band. Selain itu, tersedia pula GPS dan port USB Type-C.

8. Dilengkapi Fingerprint Sensor

Untuk urusan keamanan sudah ada Fingerprint Sensor yang berada dibalik bodi smartphone ni. Sensor yang digunakan akan sangat akurat dalam membaca sidik jari pengguna Realme Narzo 50A sehingga bisa diandalkan untuk menjaga keamanan data dan privacy pengguna.

9. Harga Realme Narzo 50A Cuma Rp. 1 Jutaan

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50A

Realme menawarkan dua pilihan warna, yakni Oxygen Blue dan Oxygen Green. Keduanya tersedia dalam versi Ram 4GB/64GB dan Ram 4GB/128GB. Nah untuk versi 64GB dijual hanya Rp. 1 Jutaan atua lebih tepatnya Rp. 1.999.000. Sedangkan untuk versi 128GB dijual Rp. 2.199.000.

Selisih harga antara versi 64GB dan 128GB memang sedikit. Kami sarankan untuk memilih versi 128GB agar mendapatkan ruang penyimpanan lebih lega sehingga tidak perlu menambahkan microSD sebagai memori tambahan.

10. Kesimpulan

Setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Realme Narzo 50A, maka anda bisa memutuskan apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Menurut kami, Realme Narzo 50A bisa menjadi pilihan tepat bagi yang mencari smartphone murah direntang harga Rp. 1 Jutaan sampai Rp. 2 Jutaan.

Smartphone ini memang memiliki beberapa kekurangan, terutama layar yang masih HD 720 x 1600 pixels sehingga kurang tajam ketika dipakai bermain game ataupun menonton film. Namun kekurangan tersebut justru membuat daya tahan baterai Realme Narzo 50A menjadi semakin awet. 

Dengan adanya baterai 6.000 mAh dan layar HD maka smartphone ini bisa bertahan seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan daya baterai.  Silahkan anda putuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Cukup sekian informasi projektino.com, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Memasukan Preset Lightroom Android dan beragam artikel lainnya.Â