5 Cara Mengubah Jaringan 4G Ke 5G Di Hp Android

Jaringan 5G telah tersedia di Indonesia. Sayang tidak semua orang bisa menikmati teknologi masa depan tersebut. Sebab masih banyak yang masih menggunakan 4G. Lalu apakah ada cara mengubah jaringan 4G ke 5G? Untuk mengetahui jawabannya silahkan simak di bawah ini.

Teknologi 5G hanya bisa dinikmati smartphone yang mendukung jaringan 5G. Apabila smartphone belum mendukungnya maka jangan harap bisa mengubah jaringan 4G ke 5G. Pasalnya teknologi tersebut tergantung chipset yang digunakan smartphone.

Perusahaan chipset seperti Qualcomm dan Mediatek menyediakan chipset khusus untuk mengakses jaringan 5G. Itu artinya tidak semua chipset mendukung jaringan 5G sehingga anda tidak akan bisa mengubah hp 4G menjadi 5G.

Untungnya saat ini sudah ada banyak sekali hp 5G murah yang beredar dipasaran. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 10 5G yang merupakan smartphone 5G paling worth it untuk dibeli di tahun 2021. Selain itu, ada pula Samsung Galaxy A32 5G yang sama-sama terjangkau.

Lalu bagaimana jika sudah memiliki hp 5G, namun tetap tidak bisa mengakses jaringan 5G? Mungkin hal tersebut disebabkan oleh ketersediaan jaringan 5G di daerah kalian. Bisa saja sinyalnya terlalu lemah atau memang belum tercover jaringan 5G.

Jika penyebabnya karena sinyal terlalu lemah maka kami memiliki cara mengubah jaringan 4G ke 5G yang bisa anda coba. Adapun caranya silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Mengubah Jaringan 4G Ke 5G

Cara Mengubah Jaringan 4G Ke 5G Di Hp Android

Perlu kami ingatkan, tutorial kali ini hanya khusus untuk hp yang sudah support 5G. Bagi yang masih menggunakan hp 4G lebih baik membelinya terlebih dahulu agar bisa menikmati kecepatan internet pada jaringan 5G yang luar biasa cepat.

Kecepatan internet 5G bisa sepuluh kali lipat lebih cepat dibanding jaringan 4G. Namun cepat atau tidaknya tergantung dari operator seluler yang digunakan. Di Indonesia sendiri, teknologi 5G masih dalam tahap percobaan sehingga belum meratas di seluruh Indonesia.

Sudah ada beberapa operator yang sukses menyelenggarakan jaringan 5G di Indonesia, seperti Telkomsel dan Indosat. Kedepannya semua operator seluler akan menghadirkan teknologi jaringan masa depan tersebut sehingga semua pelosok Indonesia bisa menikmati jaringan 5G.

Bagi yang sudah tidak sabar ingin menikmati jaringan 5G maka bisa datang ke kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll. Nah apabila sinyal 5G terlalu lemah, maka bisa mencoba cara mengubah jaringan 4G ke 5G berikut ini.

1. Download Aplikasi Lock 4G

Cara Lock 5G

Cara mengubah jaringan 4G ke 5G di Android bisa menggunakan aplikasi Lock 5G. Aplikasi tersebut berguna untuk mengunci jaringan 5G agar tidak berpindah ke 4G. Ada beragam aplikasi yang bisa digunakan dan satunya adalah Force LTE Only (4G/5G).

Aplikasi Force LTE Only (4G/5G) bisa didownload secara gratis di Play Store. Dengan aplikasi tersebut, anda bisa mengubah jaringan 4G ke 5G dengan catatan smartphone mendukung teknologi 5G dan berada dilokasi yang tercover jaringan 5G.

2. Buka Aplikasi

Cara Mengubah Sinyal 4G Menjadi 5G

Setelah aplikasi didownload, kemudian buka aplikasi tersebut. Selanjutnya pada bagian depan aplikasi akan muncul beberapa pilihan metode untuk lock jaringan 5G. Bagi yang menggunakan Android 11 ke atas silahkan pilih Method 2. Sedangkan untuk Android 10 ke bawah bisa memilih Method 1

3. Atur Jaringan Yang Disukai

Cara Merubah Hp 4G Menjadi 5G

Kemudian akan masuk ke pengaturan Info Telepon atau Phone Info. Ada banyak sekali pengaturan yang tersedia. Anda jangan sampai salah mengaturnya karena bisa mengakibatkan sinyal hilang. Nah untuk merubah jaringan 4G menjadi 5G silahkan klik bagian Setel Jenis Jaringan Yang Disukai

4. Pilih NR Only / 5G Only

Selanjutnya akan muncul beragam pilihan jaringan. Nah agar jaringan 5G terkunci maka anda harus memilih NR Only atau 5G Only. Setelah itu secara otomatis jaringan 5G akan terkunci dan tidak akan bisa berpindah ke jaringan lainnya.

5. Restart

Jika tidak ada perubahan kami sarankan untuk melakukan restart. Silahkan terlebih dahulu merestart smartphone kalian dengan menekan tombol power, lalu pilih reboot atau restart. Setelah itu tinggal menunggu smartphone hidup dan lihat apakah sinyal sudah berubah menjadi 5G atau belum.

Apabila sinyal malahan hilang maka berarti daerah kalian belum mendukung sinyal 5G. Kami sarankan untuk mengembalikan pengaturan ke pengaturan seperti semula agar bisa kembali mengakses internet pad ajaringan yang tersedia.

Kesimpulan

Seperti yang anda lihat di atas, sebenarnya cara mengubah jaringan 4G ke 5G di hp Android cukup mudah. Akan tetapi cara yang kami sampaikan hanya berlaku untuk smartphone yang mendukung teknologi 5G dan berada dilokasi yang tercover jaringan 5G.

Apabila smartphone hanya mendukung 4G maka jangan harap bisa merubah jaringan 4G ke 5G. Nah cukup sekian tutorial projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Membuat File ZIP di Android Tanpa Aplikasi dan beragam artikel lainnya seputar dunia teknologi di Indonesia.