Kenapa Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul? 8 Penyebab dan Solusi

Kenapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul? Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Anda tidak perlu khawatir jika mengalaminya. Kami memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk mengaktifkan akun Whatsapp, anda harus terlebih dahulu memasukan kode verifikasi yang dikirimkan via sms ke nomor telepon yang terdaftar. Tujuannya adalah untuk memverifikasi nomor telepon.

Dengan adanya proses verifikasi ini maka akun Whatsapp menjadi aman dan terhindar dari penyadapan ataupun pembajakan akun. Namun sering kali kode verifikasi Whatsapp tidak muncul.

Tanpa adanya kode verifikasi maka akun Whatsapp tidak bisa dibuka. Lalu apa yang menyebabkan kode verifikasi tidak muncul? Untuk mengetahui penyebabnya silahkan simak di bawah ini.

Penyebab Kenapa Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

1. Kartu Tidak Aktif

Untuk menerima kode verifikasi tidak membutuhkan pulsa. Yang paling penting kartu dalam keadaan aktif dan bisa menerima panggilan telepon dan sms. Jika ternyata kartu tidak aktif maka otomatis tidak bisa menerima kode verifikasi.

Silahkan cek terlebih dahulu apakah kartu masih aktif atau tidak. Anda bisa mencoba melakukan panggilan telepon ke nomor yang terhubung ke WhatsApp. Jika ternyata bisa dihubungi maka kartu dalam keadaan normal.

2. Ada Pemblokiran Panggilan

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya pemblokiran panggilan yang disebabkan oleh aplikasi atau setelah pengaturan. Silahkan nonaktifkan terlebih dahulu agar kode verifikasi Whatsapp bisa muncul.

3. Nomor Telepon Salah

Pastikan nomor telepon yang dimasukan benar. Jika salah otomatis kode verifikasi Whatsapp tidak muncul. Apabila nomor yang dimasukan benar maka kode verifikasi akan langsung dikirimkan via SMS.

Apabila sudah mendapatkan kode verifikasi maka tinggal memasukannya ke kolom yang tersedia. Setelah itu akun Whatsapp akan langsung terbuka dan anda bisa menggunakannya untuk chating, telepon, ataupun video call.

4. Tidak Ada Koneksi Internet

Syarat agar bisa mendapatkan kode verifikasi Whatsapp adalah ponsel harus memiliki koneksi internet melalui data seluler ataupun Wi-Fi. Silahkan cek koneksi internet yang digunakan, apakah lancar atau tidak.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Setelah mengetahui semua penyebab kenapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul, selanjutnya mari kita simak cara mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Pastikan smartphone memiliki koneksi internet yang lancar dan nomor yang digunakan untuk verifikasi dalam keadaan aktif.
  2. Apabila koneksi internet lancar dan kartu dalam keadaan aktif, maka anda bisa mencoba melakukan Restart. Setelah restart berhasil, maka anda bisa kembali meminta kode veriifkasi Whatsapp.
  3. Solusi selanjutnya adalah dengan menghapus Whatsapp, kemudian instal aplikasi Whatsapp versi terbaru.
  4. Mengecek pengaturan smarpthone, apakah ada pemblokiran panggilan.

Cara mengatasi kode verifikasi WA yang tidak muncul memang mudah. Anda tidak perlu khwatir jika mengalami masalah ini. Selama kartu yang digunakan masih keadaan aktif, maka kami yakin 100% kode veriikasi akan muncul.

Kesimpulan

Saat ini semua orang mengandalkan Whatsapp untuk berkomunikasi. Sudah jarang ada orang yang menggunakan sms ataupun telepon untuk berkomunasi. Sekarang semuanya digantikan oleh Whatsapp

Apabila Whatsapp tidak bisa dibuka karena tidak mendapatan kode verifikasi maka otomatis anda tidak bisa berkomunasi menggunakan aplikasi tersebut.

Silahkan mencoba tips di atas agar bisa mendapatkan kode verifikasi WhatApp. Nah cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot dan beragam artikel lainnya.