8 Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop : 100% fix

Nyawa utama bagi sebuah smartphone terletak pada baterainya, dimana jika baterai hp secanggih apapun ponsel tersebut pastinya tidak akan berguna. Beberapa kejadian bisa kita jumpai pada baterai ponsel seperti baterai yang suka ngedrop alias dayanya berkurang sendiri.

Pentingnya semuan ponsel pintar baik android dan IOS membuat smartphone menjadi salah satu kebutuhan kusus yang wajib dimiliki. Penggunaan smartphone yang semakin intens juga membuat komponen di dalamnya semakin lama akan semakin panas jika digunakan terus menerus.

Seperti yang kita ketahui kalau musuh utama barang elektronik seperti smartphone adalah Panas yang berlebih. Panas inilah yang juga membuat baterai ponsel menjadi sering drop. Belum lagi dengan penggunaan dan pengisian daya yang sembarangan sudah pasti membuat umur baterai yang semakin menipis.

Dengan umur baterai yang semakin menipis kita mungkin akan mendapatkan berbagai kejadian yang paling sering adalah baterai menjadi drop. Baterai yang suka ngedrop sendiri ini membuktikan kalau baterai ponsel kamu tidak dalam kondisi yang biasa-biasa saja.

Karena baterai merupakan nyawa untuk smartphone kamu juga wajib tau bagaimana Cara Cek Kondisi Baterai ponsel yang kamu miliki. Dengan mengetahui kondisi baterai tentunya akan mencegah ponsel mengalami baterai drop pada kondisi tertentu.

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah NgedropSaat baterai ponsel kamu sudah drop, sebenarnya kamu masih memiliki beberapa cara ampuh untuk bisa memperbaiki baterai tersebut. Saat mengetahui baterai ponsel sering drop di anjurkan jangan langsung menggantinya ke yang baru. Dimana kamu bisa mencoba memperbaiki baterai tersebut.

Ada beberapa cara mudah yang perlu kamu ketahui saat menjumpai kesahatan baterai menurun seperti dengan langsung melakukan perbaikian cepat. Buat yang masih penasaran menggenai Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop bisa ikuti langkah PROJEKTINO.COM berikut ini.

1. Aktifkan Mode Power Saving

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop Dengan BenarLangkah pertama yang perlu kamu coba untuk Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop adalah menggunakan fitur power saving. Meskipun tidak secara total memperbaki kualitas baterai namun akan cukup banyak menghemat konsumsi baterai tersebut.

Semua ponsel android pastinya akan dibekali dengan fitur power saving yang memungkinkan ponsel tersebut untuk menghemat konsumsi daya. Konsumsi daya yang dihemat bisa berupa menutup aplikasi yang tidak digunakan serta meminimalisir kinerja aplikasi yang tidak digunakan dengan tujuan untuk menghemat konsumsi baterai.

2. Mengatur Kecerahan Layar

Cara memperbaiki baterai HP yang cepat habisBelum banyak yang sadar menggenaui kecerahan layar ponsel akan berpengaruh banyak pada konsumsi baterai ponsel tersebut. Semakin tinggi kecerahan sudah jelas akan membuat konsumsi baterai semakin bor0s.

Jika baterai sudah sering ngedrop di sandingkan dengan konsumsi baterai yang boros maka sudah pasti akan membuat umur baterai semakin pendek. Kecerahan layar pada umumnya bisa menggunakan mode otomatis atau juga bisa di setting secara manual.

3. Melakukan Kalibrasi Baterai Manual

Langkah selanjutnya yang bakalan memiliki andil besar adalah dengan melakukan kalibrasi baterai ponsel. Kalibrasi baterai sama dengan mengatur ulang pengaturan baterai ponsel tersebut, dimana untuk sistem kalibrasi bisa di atur dengan cukup mudah.

  1. Gunakan hp hingga posisi baterai habis atau 0%
  2. Lanjutkan dengan lakukan pengisian daya dengan HP posisi dalam posisi mati hingga pengisian penuh 100%
  3. Selanjutnya silahkah gunakan HP hingga baterai sampai 5 %
  4. Lalu lakukan lagi pengisian dengan HP posisi hidup hingga pengisian penuh 100%
  5. Selanjutnya gunakan HP hingga baterai habis sampai 0%
  6. Lakukan lagi pengisian HP pada posisi mati sampai pengisian penuh 100%
  7. Selesai

Meskipun terbilang cukup merepotkan dan memakan banyak waktu namun kalibrasi manual. Meskipun terbilang remeh namun cara ini juga sebenarnya sangat efektif sehingga memiliki potensi untuk mengambalikan perfoma hp yang ngerdop menjadi normal.

4. Gunakan Aplikasi Kalibrasi Baterai

Aplikasi KalibrasiCara selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi kalibrasi baterai, ada banyak aplikasi kalibrasi baterai yang cukup menarik dan bisa kamu andalkan. Salah satunya adalah aplikasi Battery Repair Life PRO, sebuah aplikasi yang memiliki fitur utama untuk melakukan kalibrasi baterai.

Aplikasi ini cukup berbeda dengan beberapa aplikasi lainnya karena bisa langsung di jalankan setelah di instal. Setelah di donwload silahkan buka aplikasi lalu pilih start untuk melanjutkan ke proses kalibrasi baterai ponsel.

5. Gunakan Charger Original

Pengisian DayaLangkah selanjutnya bisa dengan menggunakan charger original agar kondisi baterai membaik. Beberapa kasus mungkin di sebabkan oleh penggunaan charger yang abal-abal alias bukan charger original ponsel tersebut.

Arus daya yang masuk ke baterai ponsel memang haruslah stabilagar umur baterai tetap baik. Oleh sebab itu kamu pengguna ponsel andiroid mamang sudah sewajarnya menggunakan charger original untuk memberikan umur baterai lebih panjang.

6. Jangan Gunakan Aplikasi Terlalu Banyak

Jangan Gunakan Aplikasi Terlalu BanyakMeskipun terbilang sederhana namun dengan lebih selektif saat menginstal aplikasi merupakan sebuah solusi yang benar saat baterai ponsel kamu sudah mulai drop. Silahkan pilih aplikasi mana yang kiranya jarang digunakan lalu uninstal saja aplikasi tersebut.

Setelah di Unistal kamu bisa melanjutkannya dengan cara melakukan restar ponsel. Beberapa aplikasi terkadang cukup banyak menguras konsumsi baterai sehingga membuatnya memang tidak layak di ponsel kita. Contoh aplikasi yang banyak menguras konsumsi baterai adalah aplikasi yang sering memunculkan notifikasi atau pop up.

7. Jangan Gunakan Casing HP Yang Membuat HP Panas

Seperti yang sudah Projektino katakan diawal kalau PANAS merupakan musuh utama bagi ponsel android manapun. Semakin panas ponsel maka akan membuay baterai dan komponen lainnya menjadi semakin lemah.

Banyak dari kita yang belum perhatian saat menggunakan casing hp, kebanyakan memilih menggunakan casing yang keren tanpa memperdulikan dampak pada ponsel. Pastikan kamu ga menggunakan casing pelindiung hp yang justru membuat ponsel panas, pilihkan casing pelindung yang berlubang untuk memberikan rongga kepada ponsel saat mencari sinyal.

8. Ganti Dengan Baterai Original

Baterai OriginalCara Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop paling ampuh adalah dengan menggantinya ke yang baru. Jadi kamu silahkan ganti saja bila baterai ponsel kamu sudah sering drop. Silahkan ganti baterai yang sudah mulai drop dengan baterai original.

Mempertahankan baterai yang sudah rusak sama saja akan mengancam beberapa komponen pada hp lainnya. Hal ini untuk mengatasi bila ponsel kamu mengalami kejadian seperti ponsel tersebut mengalami konsleting. Setelah nantinya diganti kamu juga wajib memperbaiki cara dalam menggunakan ponsel agar baterai semakin awet.

Kesimpulan

Nah itu dia beberapa langkah mudah yang mungkina akan sangat membantu kamu dalam Memperbaiki Baterai HP Yang Sudah Ngedrop. Jika cara untuk mengoptimalkan sudah tidak bisa di jalankan memang sudah waktunya untuk mengganti baterai ponsel android kesayangan kamu.

Baterai yang rusak pada ponsel android memang kebanyakan terjadi oleh kesalah pengguna, meskipun sebenarnya baterai pada ponsel android memang memiliki umur. Demikian ulasan kali ini, untuk kamu yang sudah siap menyambut ponsel 5G simak juga ulasan menggenai Kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G pada ulasan sebelumnya.