20 Cara Transfer Pulsa Tri Ke Sesama dan Operator Lain

Transfer pulsa menjadi solusi untuk menambah pulsa secara cepat dan mudah. Hampir semua provider seluler menyediakan fitur tersebut, termasuk Tri (3). Bagi yang memiliki kartu Tri dan ingin transfer pulsa maka bias menyimak cara transfer pulsa Tri yang kami sampaikan berikut ini.

Dengan adanya fitur transfer pulsa maka kita bisa mengirimkan pulsa ke orang lain untuk membeli paket data ataupun hanya sekedar SMS dan Telepon. Tri sendiri dikenal sebagai provider seluler termurah di Indonesia sehingga banyak orang yang memilih menggunakan kartu Tri.

Produk yang ditawarkan Tri juga beragam. Salah satunya adalah paket internet unlimited yang memungkinkan pengguna kartu Tri mengakses internet tanpa batas. Akan tetapi paket internet tersebut memiliki batasan FUP. Nah untuk mengetahuinya silahkan simak pada pembahasan “Paket Unlimited 3“.

Menariknya lagi, pulsa yang dikirim akan menambah masa aktif sesuai dengan nominal transfer. Namun sebelum mencoba cara transfer pulsa Tri kami sarankan untuk terlebi dahulu mengetahui syarat transfer pulsa 3. Sebab ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa melakukan hal ini.


Syarat Transfer Pulsa 3

Cara Transfer Pulsa 3

Tri menawarkan kemudahan transfer pulsa dengan nominal mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 200.000 per hari. Maksimal transfer per hari memang dibatasi, namun hal tersebut tak jadi masalah selama cara transfer pulsa 3 sangat mudah. Lalu apa saja syarat agar bisa transfer pulsa?

  1. Transfer pulsa 3 hanya bisa dilakukan apabila kartu dalam keadaan aktif. Sedangkan untuk penerima bisa dalam masa aktif ataupun masa tenggang.
  2. Minimal transfer Rp. 1.000 dan maksimal Rp. 200.000 per hari
  3. Transfer harus dilakukan dengan kelipatan Rp. 1.000.
  4. Pulsa yang bisa ditransfer hanyalah pulsa reguler. Itu artinya anda tidak bisa mengirimkan pulsa bonus
  5. Minimal sisa pulsa setelah transfer adalah Rp. 5.000
  6. Transfer pulsa 3 akan dikenakan biaya Rp. 400 per transaksi

Yah, transfer pulsa 3 memang tidak gratis. Anda akan dikenakan biaya Rp. 400 setiap kali melakukan transfer pulsa. Selain itu, pulsa yang tersisa setelah transfer harus diatas Rp. 5.000. Jika kurang dari itu maka transfer tidak akan berhasil.


Penambahan Masa Aktif

Apabila transfer berhasil maka penerima akan mendapatkan tambahan masa aktif sesuai dengan nominal transfer. Semakin besar, maka masa aktif yang didapatkan semakin panjang. Proses transfer juga bisa dilakukan pada saat penerima dalam masa tenggang sehingga bisa mengatasi masalah masa aktif habis.

Tambahan masa aktif  yang didapatkan penerima disesuaikan dengan nominal transfer. Sebagai contoh untuk transfer dengan nominal Rp. 1000 akan mendapatkan tambahan masa aktif 1 hari. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel di bawah ini.

Nominal Transfer Masa Aktif
Rp. 1.000 1 hari
Rp. 10.000 10 hari
Rp. 50.000 50 hari
Rp. 100.000 100 hari
Rp. 200.000 200 hari

Cara Transfer Pulsa Tri Ke Sesama Tri

Setelah mengetahui tambahan masa aktif setelah transfer pulsa, maka selanjutnya mari kita membahas mengenai cara transfer pulsa Tri. Ada beberapa metode yang bisa dicoba, mulai dari dari lewat SMS, kode USSD, dan via aplikasi Bima+. Kami yakin sebagian besar pengguna kartu Tri belum mengetahui caranya. Oleh karena itulah kami akan memberikan tutorialnya di bawah ini.

1. Transfer Pulsa 3 Via USSD

Cara Mengirimkan Pulsa Kartu 3 Ke Sesama

Cara transfer pulsa Tri yang pertama adalah via kode USSD yang diakses melalui menu panggilan telepon atau Dial Up. Menurut kami cara ini merupakan cara transfer pulsa 3 yang paling mudah karena tinggal mengikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar handphone.

Kode transfer pulsa 3 hanya bisa diakses oleh pengguna kartu 3 saja. Sebab setiap provider memiliki cara transfer pulsa yang berbeda-beda. Nah bagi anda yang memiliki kartu Tri dan ingin transfer pulsa ke sesama pengguna Tri silahkan simak tutorial berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu panggilan telepon atau dial up
  2. Kemudian ketikan kode USSD *323#
  3. Berikutnya akan muncul pilihan untuk memilih kirim pulsa. Silahkan pilih salah satu.
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukan nomor tujuan penerima pulsa. Pastikan nomor yang dimasukan merupakan nomor 3 yang aktif
  5. Selanjutnya tinggal klik Kirim
  6. Langkah berikutnya masukan nominal pulsa yang akan ditransfer. Anda bisa mengirimkan pulsa kelipatan Rp. 1000
  7. Setelah itu klik Kirim
  8. Apabila berhasil maka anda akan mendapatkan notifikasi bahwa transfer pulsa telah berhasil.

2. Transfer Pulsa 3 Via SMS

Cara Transfer Pulsa Tri Lewat SMS

Bagi yang kesulitan mengakses kode USSD di atas maka bisa mencoba cara transfer pulsa Tri lainnya, yakni melalui SMS. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan di semua handphone. Adapun caranya siahkan simak berikut ini.

  1. Silahkan buka menu SMS pada handphone yang kalian
  2. Kemudian ketikan format sms transfer pulsa 3. Dimana formatnya adalah TRF (spasi) Nominal Pulsa (spasi) Nomor Tujuan
  3. Sebagai contoh : TRF 10000 08923456789
  4. Berikutnya kirim format di atas ke nomor 123
  5. Jika berhasil maka anda akan mendapatkan SMS bahwa transfer pulsa telah berhasil

3. Transfer Pulsa 3 Via Bima+

Cara Transfer Pulsa Kartu Tri Ke Sesama Tri

Selanjutnya cara yang terakhir adalah menggunakan aplikasi Bima+. Aplikasi tersebut akan memudahakan proses transfer pulsa bagi yang menggunakan hp Android ataupun iPhone. Namun sekarang proses transfer pulsa lewat Bima+ hanya berlaku untuk kirim paket data atuapun paket lainnya yang tersedia di Bima+.

Sayangnya tidak semua paket yang ada di Bima+ bisa ditransfer ke nomor Tri lain. Kalian harus mencariknya secara manual melalui kolom pencarian dengan mengetikan keyword “Transfer” atau mencari paket yang memiliki tulisan  “Kirim Paket Data Untuk Temanmu”.

Nantinya paket yang dikirimkan akan memotong pulsa yang anda miliki sehingga fungsinya sama saja dengan transfer pulsa.

  1. Silahkan terlebih dahulu download aplikasi tersebut di Play Store atau App Store.
  2. Setelah aplikasi berhasil di download, kemudian buka aplikasi tersebut dan login menggunakan nomor 3 kalian.
  3. Setelah itu pilih paket yang akan ditransfer ke orang lain. Kemudian klik tombol “Kirim Paket Data Untuk Temanmu
  4. Berikutnya masukan Nomor Tri tujuan transfer, lalu klik OK
  5. Selanjutnya anda akan mendapatkan kode OTP untuk konfirmasi. Silahkan masukan kode tersebut.
  6. Kemudian klik Beli
  7. Setelah itu paket data akan dikirimkan ke nomor tujuan dan akan memotong pulsa anda.

Cara Transfer Pulsa Tri Ke Operator Lain

Pada informasi di atas kami sudah memberikan tutorial cara transfer pulsa Tri ke sesama pengguna karut Tri. Lalu apakah bisa transfer ke operator lain seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren? Sayangnya tidak bisa.

Saat ini Tri belum menyediakan layanan transfer pulsa ke operator lain. Itu artinya anda hanya bisa transfer ke sesama pengguna kartu Tri saja. Bisa saja nantinya Tri menyediakan layanan ini, namun entah kapak akan terealisasi.


Kesimpulan

Nah demikianlah tutorial mengenai cara transfer pulsa Tri ke sesama ataupun ke operator lain. Perlu diingat saat ini Tri tidak menyediakan layanan transfer pulsa ke Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, ataupun provider seluler lainnya. Anda hanya bisa transfer pulsa ke sesama pengguna Tri via SMS, Dial Up, ataupun Bima+.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara transfer pulsa 3, silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah Bisa Transfer pulsa 3 Ke Telkomsel dan Operatir Lainnya?

Tidak bisa, transfer pulsa tri hanya berlaku ke sesama operator

Bagaimana Cara Transfer Pulsa 3 Lewat SMS?

Untuk transfer pulsa 3 lewat SMS, silahkan ketikan format transfer TRF (spasi) Nominal Pulsa (spasi) Nomor Tujuan, kemudian kirim ke 123

Apakah Transfer Pulsa Tri Dikenakan Biaya?

Yah, setiap tranfer pulsa akan dikenakan biaya Rp. 400 pe transaksi.

Mengapa Transfer Pulsa Tri Gagal?

Mungkin pulsa anda tidak mencukupi. Pastikan sisa pulsa di atas Rp. 5.000 agar transaksi dapat dilakukan

Apa Kode Transfer Pulsa Tri?

Anda bisa menggunakan kode *323# untuk transfer pulsa via Dial Up

Nah demikianlah informasi seputar cara transfer pulsa Tri ke sesama dan operator lain. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna kartu Tri. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Bermain RP di Telegram dan beragam artikel menarik lainnya.