3 Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Terbaru

Bagi umat Islam, ibadah haji merupakan salah satu kesempurnaan ibadah karena bisa memenuhi rukun Islam yang ke 5 setelah Syahadat, Sholat, Puasa dan Zakat. Bisa menunaikan ibadah haji pastinya akan merasakan kenikmatan tersendiri karena tidak semua orang bisa melakukan ibadah yang satu ini.

Hal ini dikarenakan biaya untuk melakukan ibadah haji yang tidak sedikit dan fisik yang kuat juga harus dipersiapkan untuk melakukan ibadah haji. Namun, dalam praktiknya setiap tahun kuota haji sering penuh dan mengalami peningkatan sehingga bagi yang sudah mendaftar harus menunggu hingga beberapa tahun lamanya untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

Pada tahun sebelumnya, kuota jamaah haji di Indonesia saja sudah sekitar 204.000 orang yang dibagi untuk 34 Provinsi. Maka dari itu, ada kuota yang membatasi pendaftaran haji untuk berangkat ke Tanah Suci sehingga untuk para pendaftar haji harus lebih bersabar dalam menunggu keberangkatan.

Kementerian Agama sudah menetapkan jumlah kuota setiap tahunnya, jadi jumlah pendaftar tidak boleh melebihi jumlah kuota yang sudah ditetapkan. Apabila ada yang sudah mendaftar namun kuota sudah penuh, maka akan didaftarkan untuk tahun keberangkatan berikutnya.

Setiap tahun jumlah kuota jamaah haji semakin meningkat, maka dari itu sangatlah penting untuk para pendaftar haji agar selalu mengecek nomor porsi keberangkatan. Sebenarnya sama mudahnya dengan Cara Cek Garansi Resmi HP Samsung yang hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Ketika calon jamaah haji membayar setoran awal di Bank penerima setoran yang berguna untuk pembiayaan atau ongkos pergi haji, maka secara otomatis calon jamaah mendapatkan nomor porsi yang merupakan nomor urut pendaftaran jamaah haji.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP AndroidUntuk itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa mengecek nomor porsi keberangkatan haji yaitu, melalui website resmi yang sudah disediakan oleh Kementerian Agama dan melalui aplikasi haji yang bisa diunduh melalui HP Android di Playstore. Berikut ini informasi dari PROJEKTINO.COM menggenai cara untuk mengecek porsi haji melalui HP Android.

1. Cara Mengecek Porsi Haji Melalui Website haji.kemenag.go.id

Cara yang pertama untuk mengecek porsi haji di HP Android adalah melalui website yang sudah disediakan oleh Kementerian Agama. mUDAH ini merupakan cara yang sangat sederhana karena tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk mengecek porsi haji tersebut.

Ini hanya perlu mengakses ke website haji.kemenag.go.id dari Kementerian Agama untuk mendapatkan data-data tersebut. Simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Pertama, buka website “haji.kemenag.go.id” di HP Android.
  2. Selanjutnya, pilih menu “dropdown” Basis Data.
  3. Lalu pilih “Perkiraan Keberangkatan”.
  4. Setelah itu, masukkan nomor porsi yang dimiliki pendaftar ke kolom yang sudah disediakan.
  5. Kemudian plih “Cari”.
  6. Jika sudah, maka seluruh informasi yang dibutuhkan akan ditampilkan pada halaman website tersebut.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan stius atau website resmi dari kemenag. Siapkan browser untuk mengakses cara Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android yang satu ini.

2. Cara Mengecek Porsi Haji Melalui Aplikasi Haji Pintar

Cek Porsi Haji TerbaruAplikasi Haji Pintar merupakan cara yang kedua untuk mengecek porsi haji di HP Android. Dengan menggunakan aplikasi Haji Pintar ini semua informasi seputar haji akan ditampilkan cukup detail termasuk informasi porsi haji.

Ketika nomor porsi dimasukkan pada tempat yang sudah disediakan oleh aplikasi, maka aplikasi ini akan menampilkan informasi seperti nomor porsi, nama, perkiraan keberangkatan dan informasi lainnya secara detail. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah yang pertama, buka dahulu Play Store di HP Android.
  2. Kemudian cari aplikasi Haji Pintar.
  3. Setelah ketemu, maka download aplikasi tersebut kemudian instal.
  4. Jika aplikasi tersebut sudah selesai terinstal, selanjutnya buka aplikasi tersebut.
  5. Kemudian masuk kedalam menu “Estimasi Keberangkatan”.
  6. Jika sudah, lalu masukkan nomor porsi haji.
  7. Selanjutnya, pilih “Submit”.
  8. Apabila sudah pilih “Submit”, maka semua informasi seputar haji akan tampil dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi haji pintar juga merupakan aplikasi yang cukup banyak di andalkan dan bisa kamu pilih saat akan menggunakan porsi haji kelak. Dimana aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk bisa kamu gunakan.

3. Menggunakan Aplikasi Cek Porsi Haji

Aplikasi Cek Porsi HajiSelain menggunakan aplikasi Haji Pintar, aplikasi Cek Porsi Haji juga bisa dilakukan untuk mengcek porsi haji melalui HP Android. Aplikasi ini juga tersedia di Play Store sehingga lebih mudah untuk mendownload aplikasi tersebut dan lebih aman untuk digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek porsi haji melalui aplikasi di HP Android.

  1. Langkah yang pertama yaitu, pilih menu Play Store di HP Android.
  2. Setelah itu, cari aplikasi Cek Porsi Haji di kolom pencarian.
  3. Jika sudah ketemu, maka pilih aplikasi tersebut.
  4. Disitu akan muncul opsi “Instal” dan pilih opsi tersebut.
  5. Tunggu hingga proses instal selesai.
  6. Jika aplikasi sudah berhasil diinstal, maka tinggal buka aplikasi tersebut.
  7. Setelah aplikasi Cek Porsi Haji terbuka, selanjutnya masukkan nomor porsi haji yang sudah didaftarkan pada kolom yang sudah disediakan.
  8. Biasanya, nomor porsi tersebut akan diberikan oleh pihak Bank saat mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji.
  9. Apabila sudah memasukkan nomor porsi pada kolom yang sudah disediakan, maka langsung saja pilih opsi “submit”.
  10. Jika sudah, maka semua data mengenai calon jamaah haji bisa langsung dilihat secara detail termasuk jadwal keberangkatan.

Cek porsi menggunakan aplikasi cek porsi haji memang menjadi salah satu langkah mudah yang mungkin wajib untuk bisa kamu lakukan. Dimana cara yang satu ini mungkin akan lebih praktis karena hanya perlu instal aplikasi saja.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengecek porsi haji menggunakan HP Android. Dari cara-cara diatas bisa dipilih mana yang lebih mudah dan lebih sederhana untuk melalukan pengecekkan porsi haji.

Selain itu, cara diatas juga merupakan cara yang paling mudah dan sudah banyak orang yang menggunakannya sehingga bagi pemula pun bisa melakukan car-cara diatas untuk mengecek porsi haji di HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat simak juga informasi menarik lainnya seperti Cara Mengubah Tulisan Di HP Android pada artikel sebelumnya dari projektino.