4 Cara Screenshot Samsung M12 : Panjang, Gesture & Tombol

Cara Screenshot Samsung M12 mungkin belum banyak yang tau, pasalnya ponsel ini merupakan ponsel keluaran baru milik Samsung. Samsung Galaxy M12 hadir dengan spesifikasi yang menarik di kelas harga 2 jutaan.

HP Dengan spesifikasi kelas menengah ini akan hadir dengan beberapa kelebihan yang bisa kita lihat. Salah satunya pada bagian Desain yang akan terlihat hadir dengan desain kece dengan balutan warna yang menarik.

Namun yang paling mencolok pada bagian layar Samsung M12 adalah pada bagian kamera yang mana di bagian belakang akan menggunakan 4 kamera. Hadirnya kamera yang mempuni jelas membuat ponsel ini sangat cocok untuk pengguna yang gemar fotografi.

Mengesampingkan spesifikasi yang dibawanya ponsel ini jelas akan memiliki fitur wajib seperti Screenshot. Namun tidak sedikit dari pengguna Samsung Galaxy M12 yang belum hafal betul menggenai cara melakukan screenshot pada HP tersebut.

Ada beberapa langkah untuk bisa melakukan screenshot di HP Samsung, hampir sama dengan Cara Screenshot Samsung A11. Pengguna bisa menggunakan kombinasi Fisik, Gesture bahkan melakukan Screenshot panjang di M12.

Tutorial  Cara Screenshot Samsung M12

Cara Screenshot Samsung M12 TerbaruMudah banget untuk bisa melakukan screenshot di HP Samsung. Pengguna bisa menggunakan kombinasi tombol fisik untuk melakukan screenshot di hp samsung, meskipun cara ini terbilang ketinggalan jaman karena ada beberapa cara modern lainnya.

Pengguna Samsung M12 juga harus memanfaatkan fitur seperti Gesture untuk bisa melakukan screenshot di ponsel. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan Projektino.com berikut ini menggenai Cara SS lengkap Samsung M12.

1. Screenshot Kombinasi Tombol Fisik

Cara Screenshot Samsung M12Sudah sejak dahulu piastinya kita sudah tau kalau screenshot paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Kombinasi tombol fisik seperti power dan volume bawah suduah bisa membuat ponsel dengan otomatis untuk melakukannya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

Tekan Secara Bersamaan : Tombol Power + Volume Bawah

Dengan di tekan secara bersamaan akan membuat HP dengan otomatis hp akan melakukan screenshot. Nantinya akan di tandai dengan bunyi yang menandakan SS sudah berhasil di lakukan serta akan otomatis tersimpan di menu galeri atau foto hp samsung kamu.

Meskipun terbilang ketinggalan jaman namun cara screenshot dengan menggunakan kombinasi fisik memang masih banyak digunakan. Selain mudah cara ini juga di anggap paling praktis dibandingkan beberapa cara lainnya yang ada.

2. Screenshot Panjang Samsung M12

Cara SS Panjang SamsungLangkah selanjutnya kamu pengguna Samsung Galaxy M12 juga bisa melakukan screenshot panjang. Untuk melakukan screenshot panjang terlebih dahulu harus mengaktifkan fitur tambahan yang ada di menu Pengaturan atau Setting HP Samsung.

  1. Buka Menu Pengaturan di hp Samsung M12.
  2. Kemudian pilih Fitur Lanjutan.
  3. Setelah itu menu Gambar Layar dan Perekam Layar.
  4. Kemudian aktifkan Bilah Alat Gambar Layar atau Screenshoot Toolbar.
  5. Setelah screenshot toolbar aktif, maka tinggal mencoba mengambil screenshot.
  6. Kemudian akan muncul Screenshot Toolbar setelah pengambilan screenshot berhasil.
  7. Untuk mengambil screenshot panjang, silahkan klik icon tanda anak panah kebawah.
  8. Silahkan klik berkali-kali untuk mendapatkan hasil screenshot panjang yang diinginkan.
  9. Jika sudah hasil screenshot akan langsung otomatis masuk ke menu galeri.
  10. Selesai

Screenshot panjang pada samsung galaxy M12 lazim digunakan untuk mereka yang hendak melakukan SS dengan lengkap seperti di media sosial. Jangan lupakan juga saat akan melakukan screenshot pastikan kamu sudah menggaktifkan menu diatas terlebih dahulu.

3. Screenshot Dengan Menu POP UP

Cara Capture SamsungSelanjutnya pengguna M12 juga bisa melakukan screenshot dengan menggunakan tombol pop up. Namun sebelumnya harus mengaktifkan fitur assisten pada samsung M12 untuk memunculkan menu pop up yang akan berguna untuk melakukan SS.

  1. Buka menu Pengaturan Di Samsung M12.
  2. Lalu pilih Aksesibilitas.
  3. Selanjutnya pilih menu Interaksi dan Kecekatan.
  4. Setelah itu tinggal mengaktifkan Menu Asisten.
  5. Berikutnya klik tombol virtual yang muncul pada layar.
  6. Kemudian klik Gambar Layar untuk mengambil screenshot.
  7. Otomatis gambar akan tersimpan di menu galeri atau foto pada HP Samsung.
  8. Selesai.

Setelah mengaktifkan fitur ini kamu akan menjumpai kalau layar ponsel kamu akan muncul pop up menggenai berbagai fitur pada ponsel salah satunya screenshot. Jika kamu merasa terganggu dengan fitur ini maka bisa menonaktifkan kembali dengan cara mengulangi cara diatas dengan benar.

4. Screenshot Dengan Usapan Tangan

Screenshot Samsung M15Samsung juga menghadirkan fitur canggih pada ponselnya yakni fitur yang mendukung screenshot di lakukan dengan usapan tangan diatas layar ponsel. Hanya dengan usapan tangan mengambang kamu sudah bisa melakukan tangkapan layar pada HP, namun terlebih dahulu silahkan aktifkan fitur yang satu ini.

  1. Buka Pengaturan Samsung M12.
  2. Lanjutkan pilih menu Fitur Lanjutan.
  3. Kemudian pilih menu Gerakan dan Gesture.
  4. Setelah itu silahkan aktifkan menu Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil.
  5. Apabila fitur ini sudah aktif, maka kalian bisa mengambil screenshot dengan cara mengusapkan tepi tangan ke seluruh layar.
  6. Nantinya Otomatis layar akan melakukan tangkapan layar dan menyimpannya di menu foto ponsel.
  7. Selesai.

Screenshot dengan usapan layar memang akan sangat simple untuk digunakan selain juga kamu bisa akan terlihat kekinian jika melakukan screenshot dengan menggunakan fitur yang satu ini. Pada One UI terbaru semua ponsel Samsung sudah mendukung fitur gesture yang satu ini.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara mudah yang mungkin bisa kamu praktekan jika ingin melakukan Screenshot pada ponsel Samsung Galaxy M12. Keempat cara tersebut bisa di gunakan dengan mengaktifkan fitur-fitur yang ada di ponsel samsung, namun untuk kombinasi tombol pengguna tidak pelu mengaktifkan fitur apapun.

Semoga informasi Projektino diatas bisa berguna untuk kamu pengguna hp samsung M12, cara diatas juga bisa di praktekan di berbagai ponsel Samsung tipe apapun. Baca juga informasi menarik lainnya seperti Cara Menghilangkan Pop Up Iklan Di Android yang mungkin berguna untuk kamu pengguna ponsel android.