9 Cara Screenshot Samsung A01 Core Tanpa Aplikasi

Cara screenshot Samsung A01 Core sangatlah mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Meksipun begitu, kami yakin masih banyak pengguna Samsung A01 Core yang belum mengetahui caranya. Terlebih smartphone ini memang dikhususkan untuk para pemula yang belum mengetahui seluk beluk hp Samsung.

Yah, spesifikasi Samsung A01 Core memang tidak terlalu tinggi. Smartphone ini dikhususkan untuk para pemula yang menginginkan smartphone murah dengan harga 1 Jutaan. Spesifikasinya juga berbeda dengan smartphone Samsung pada umumnya karena sistem operasi yang digunakan adalah Android Go Edition.

Menurut website Samsung.com, smartphone ini tersedia dalam dua varian. Yang termurah memiliki Ram 1GB dengan internal memori 16GB. Lalu ada pula varian Ram 2GB dengan internal 32GB. Samsung tetap menyediakan slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan. Lalu ada pula chipset Mediatek MT6739 dengan processor bertenaga Quad Core 1.5 Ghz Cortex-A53 sebagai dapur pacunya.

Pemakaian Android Go membuat cara screenshot Samsung A01 Core semakin mudah. Pengguna Samsung A01 Core hanya perlu menekan tombol untuk mengambil screenshot. Kemudian secara otomatis screenshot langsung tersimpan di memori internal. Nah untuk mengetahui secara lengkap cara screenshot Samsung A01 Core, silahkan simak ulasan projektino.com di bawah ini.

Tutorial Cara Screenshot Samsung A01 Core

Cara Screenshot Hp Samsung A01 Core

Cara Screenshot Tanpa Aplikasi

Sebenarnya ada dua cara screenshot Samsung A01 Core. Cara yang pertama adalah dengan fitur bawaan. Sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store. Kami sendiri lebih merekomendasikan untuk menggunakan fitur bawaan Samsung agar caranya lebih mudah.

Sayangnya fitur Screenshot pada smartphone ini tidak selengkap Samsung M02. Sebab cara screenshot Samsung M02 bisa dilakukan tanpa tombol menggunakan fitur Menu Asisten dan Gesture. Lalu bagiamana dengan cara screenshot Samsung A01 Core?  Bagi yang penasaran ingin mengetahui caranya, silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini. 

  1. Tentukan bagian layar, aplikasi atau menu yang akan diambil screenshot
  2. Kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Tombol Power pada bagian samping Samsung A01 Core secara bersamaan
  3. Setelah itu secara otomatis Galaxy A01 Core akan mengambil screenshot
  4. Selanjutnya masih screenshot akan langsung tersimpan secara otomatis di galeri smartphone

Setelah menekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan maka secara otomatis smartphone akan mengambil screenshot. Anda tidak perlu menekan kedua tombol tersebut terlalu keras dan terlalu lama, karena smartphone akan langsung mengambil screenshot dan menyimpannya di galeri.

Silahkan kalian mencobanya sendiri dengan mengikuti tutorial di atas. Namun perlu diingat, file gambar screenshot akan tersimpan di memori internal. Jadi pastikan memori internal mencukupi untuk menyimpan file tersebut. Lalu apakah smartphone ini bisa digunakan untuk mengambil screenshot panjang?

Fitur screenshot panjang hanya tersedia pada hp Samsung tipe tertentu yang menggunakan One UI terbaru. Sayangnya Galaxy A01 Core menggunakan sistem operasi Android Go sehingga belum memungkinkan menggunakan fitur screenshot panjang.

Untuk membuktikan apakah Galaxy A01 Core memiliki fitur screenshot panjang atau tidak, silahkan mencoba “Tutorial Cara Screenshot Panjang Hp Samsung” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya. 

Aplikasi Screenshot Samsung A01 Core

Apabila menginginkan fitur screenshot yang lebih lengkap, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun keterbatasan spesifikasi Samsung A01 Core akan membuat smartphone ini terasa cukup berat apabila terlalu banyak menginstal aplikasi. Meskipun begitu tidak ada salahnya kalian mencoba salah satu aplikasi berikut ini. 

1. Screen Master

Unknown app
Unknown app
Developer: Blossgraph
Price: Free

Fitur yang lengkap menjadi kelebihan utama aplikasi Screen Master. Nantinya hasil screenshot bisa di crop atau diputar sesuai kebutuhan. Selain itu, kita bisa menambahkan tulisan pada hasil screenshot dan menambahkan emoji.

2. Screenshot Quick Free

Unknown app
Unknown app
Developer: DM Tech
Price: Free

Screenshot Quick Free menjadi salah satu aplikasi screenshot terbaik yang bisa didownload secara gratis di Play Store. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna Galaxy A01 Core dalam mengambil dan mengedit screenshot.  Fitur yang tersedia juga cukup lengkap, jadi jangan ragu untu mendownloadnya. 

3. Screenshot Pro

Unknown app
Unknown app
Developer: Geeks.Lab.2015
Price: Free

Ada banyak sekali kelebihan aplikasi screenshot Android ini. Salah satunya adalah fitur editing untuk memotong, menambahkan teks, dan blur pada objek tertentu. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, karena hanya perlu tekan tombol power dan volume bawah untuk mengambil screenshot, lalu akan muncul menu Screenshot Pro

4. LongShot

LongShot for long screenshot
LongShot for long screenshot
Developer: Leav Jenn
Price: Free

Apabila ingin mengambil screenshot panjang pada Samsung A01 Core, anda bisa mencoba aplikasi yang satu ini. Anda bisa dengan mudah mengambil screenshot panjang dengan cara menggabungkan beberapa hasil screenshot menjadi satu bagian.

5. Screenple Screenshot

Screenple Screenshots and Scre
Screenple Screenshots and Scre
Developer: Screenple
Price: Free

Aplikasi ini memiliki fitur sangat lengkap dan bisa digunakan untuk mengambil screenshot panjang pada Samsung A01 Core. Selain itu, tersedia pula fitur edituro yang memungkinkan penguna Galaxy A01 Core untuk menambahkan teks dan garis pada hasil screenshot yang diambil.

Silahkan kalian mencoba salah satu aplikasi di atas agar bisa mengambil screenshot pada Galaxy A01 Core dengan mudah dan cepat. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV” dan beragam artikel seputar dunia teknologi dan gadget di Indonesia.